Senin 07 Mar 2022 03:29 WIB

5 Kegiatan di Alam Bebas untuk Tingkatkan Kesehatan

Berkegiatan di alam efektif meningkatkan kesehatan, baik fisik maupun mental.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Dwi Murdaningsih
Berkemah atau kemping. Ilustrasi. Berkemah merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di alam terbuka. Berkegiatan di alam efektif meningkatkan kesehatan, baik fisik maupun mental.
Foto: ABCNews
Berkemah atau kemping. Ilustrasi. Berkemah merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan di alam terbuka. Berkegiatan di alam efektif meningkatkan kesehatan, baik fisik maupun mental.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghabiskan waktu di alam adalah cara yang bagus untuk memperbaiki suasana hati dan mengisi ulang "baterai" semangat. Lebih jauh lagi, kegiatan sederhana tersebut efektif meningkatkan kesehatan, baik fisik maupun mental.

Bukti ilmiah pun menunjukkan menghabiskan waktu di alam bebas dapat membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan konsentrasi, dan secara umum membantu merasa lebih bahagia. Teratur melakukannya adalah kebiasaan yang bagus.

 

Meski begitu, saat beranjak dari rumah jangan lupa untuk tetap berkegiatan sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku di tengah kondisi pandemi Covid-19. Berikut lima aktivitas yang dapat diterapkan, dikutip dari laman Good Men Project.

 

1. Bersama teman

Terhubung dengan keluarga, teman, atau tetangga dapat membantu memberi rasa memiliki. Pergilah berjalan-jalan ke taman lokal bersama orang-orang yang paling berarti. Bisa juga menjadwalkan untuk berkemah dan berbagi cerita di sekitar api unggun.  

 

2. Aktif bergerak

Keluarlah dan aktif bergerak agar tubuh mengeluarkan hormon endorfin. Tidak harus olahraga ke gym. Ada banyak bentuk olahraga sederhana seperti berjalan santai, berlari, atau bersepeda di taman. Semuanya bisa tetap menyehatkan dan menyenangkan.

 

3. Terus belajar

Belajar hal baru di luar ruangan akan menambah keseruan, misalnya menanam sayuran atau fotografi alam. Contoh lain yakni merancang kebun bunga, memproses sampah dapur menjadi kompos, atau mengamati burung dan serangga bersama anggota keluarga lain.

 

4. Mengamati

Memperhatikan sekeliling bisa membuat seseorang merasa tenang dan santai. Cermati kondisi di sekitar tempat tinggal seperti rimbunnya pepohonan, hamparan rumput, satwa yang lewat di sekitar seperti tupai dan burung, atau aroma tanah basah saat hujan.

 

5. Berbagi

Ada banyak kesempatan berbagi yang ada kaitannya dengan alam. Contohnya, membagikan sayuran dari kebun kepada tetangga atau memberi dalam skala yang lebih besar dengan menyumbangkan sebagian waktu, uang, atau tenaga untuk lingkungan.  

 

 

Sumber: https://goodmenproject.com/featured-content/5-things-to-do-in-nature-to-boost-your-wellbeing-this-winter/

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement