Jumat 04 Mar 2022 15:41 WIB

Pelindo Multi Terminal Perluas Wilayah Operasi

Pelindo Multi Terminal akan akan mengoperasikan 22 terminal nonpeti kemas.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Sejumlah mobil terparkir saat akan diekspor di dermaga IPC Car Terminal, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (4/8/2020).  PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memperluas jangkauan wilayah operasinya.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sejumlah mobil terparkir saat akan diekspor di dermaga IPC Car Terminal, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (4/8/2020). PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memperluas jangkauan wilayah operasinya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT Pelindo Multi Terminal (SPMT) sebagai subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memperluas jangkauan wilayah operasinya. Hal tersebut dilakukan dengan dimulainya operasional kepelabuhanan di Pelabuhan Tanjung Wangi, Pelabuhan Bagendang, dan Pelabuhan Bumiharjo mulai Maret 2022. 

"SPMT akan mengoperasikan 22 terminal nonpeti kemas yang tersebar di sejumlah wilayah di Indonesia," kata Direktur Utama Pelindo Multi Terminal Drajat Sulistyo dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (4/3/2022). 

Baca Juga

Dia menambahkan, SPMT juga mengelola 12 terminal nonpeti kemas. Drajat memastikan pengelolaan terminal nonpeti kemas akan dilakukan melalui dua anak perusahaannya yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok dan PT Indonesia Kendaraan Terminal. 

Drajat mengatakan, dengan dimulainya operasional Pelabuhan Tanjung Wangi, Bagendang, dan Bumiharjo oleh SPMT akan menjadi kelanjutan dari penandatanganan kesepakatan serah operasi bisnis Pelindo pada 29 Desember 2021. Selain itu juga sudah dilakukan serah operasi Pelabuhan Dumai, Belawan, dan Tanjung Intan. 

 

Operasional kepelabuhanan di Pelabuhan Tanjung Wangi, Pelabuhan Bagendang, dan Pelabuhan Bumiharjo ditandai dengan doa bersama Go Live Operasional secara serentak pada 1 Maret 2022. Komisaris Utama PT Pelindo Multi Terminal Darwanto menuturkan dengan bergabungnya Pelabuhan Tanjung Wangi, Bagendang, dan Bumiharjo akan semakin memperkuat SPMT dalam mencapai target kinerja pada 2022. 

"SPMT semakin diperkuat dengan potensi besar yang dimiliki ketiga pelabuhan ini sebagai gerbang perekonomian di Jawa Timur dan Kalimantan Tengah," kata Darwanto. 

Penyambutan kapal perdana di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi juga sudah dilakukan pada 2 Maret 2022 yaitu MT Berkat Selatan. Kapal tersebut merupakan kapal tanker berbendera Indonesia yang melakukan muat BBM berjumlah total 400 metrik ton di Pelabuhan Tanjung Wangi. 

Tak hanya itu, SPMT juga melakukan penyambutan kapal perdana di Pelabuhan Bagendang dan Bumiharjo. Kapal tersebut yakni KM Barito Mas V14 yang melakukan bongkar muat petikemas di Pelabuhan Bagendang. Begitu juga dengan TK Trust Line 909 yang merupakan kapal curah kering yang melakukan muat kernel di Pelabuhan Bumiharjo.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement