REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Telkomsel mempertegas perannya sebagai digital ecosystem enabler melalui pengembangan platform 99% Usahaku yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Platform ini akan memberikan solusi yang lebih komprehensif bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Platform 99% Usahaku versi 2.0 kini mendukung dua tambahan fitur unggulan, yaitu penyediaan akses modal usaha di fitur Pemodalku dan penyediaan berbagai aplikasi solusi usaha di fitur Solusiku.
"Hadirnya fitur-fitur ini merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel mendorong keberdayaan sektor UMKM dan pertumbuhan ekonomi nasional dengan menghadirkan solusi digital yang lebih komprehensif," kata Vice President Area Account Management Telkomsel Yogi R. Bahar dalam keterangannya, Jumat (4/3/2022).
Berdasarkan riset dan diskusi, Yogi menyampaikan, mitra UMKM masih mengalami kesulitan untuk berbelanja grosiran secara online, mendapatkan akses modal usaha, membuat laporan keuangan dari setiap transaksi online, hingga menjalankan berbagai strategi online marketing.
Beranjak dari temuan-temuan tersebut, Telkomsel menghadirkan fitur-fitur terbaru pada platform 99% Usahaku seperti Pemodalku dan Solusiku, sesuai dengan prinsip customer-centric untuk menjawab berbagai permasalahan UMKM dan membantu mereka agar tetap berdaya di tengah ketatnya persaingan dan situasi yang menantang akibat pandemi Covid-19.
Sejak Telkomsel menghadirkan solusi bagi pelaku UMKM untuk memudahkan belanja kebutuhan stok produk atau bahan baku dalam jumlah besar melalui fitur Pemasokku (B2B Marketplace), jumlah transaksi belanja grosir melalui 99% Usahaku V2.0 terus mengalami peningkatan. Hingga Desember 2021, transaksi di marketplace melonjak hingga 10 kali lipat dibandingkan bulan sebelumnya.
Merespons perkembangan positif di sektor UMKM tersebut, Telkomsel memudahkan pelaku UMKM dalam mengakses produk keuangan dan menghubungkan mereka dengan para pemodal melalui fitur Pemodalku. Beberapa produk keuangan yang tersedia di platform 99% Usahaku saat ini adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BNI, KUR BSI, dan pinjaman dari JULO.
"Fitur Pemodalku sekaligus menjadi bagian dari upaya Telkomsel dalam mengakselerasi inklusifitas keuangan yang lebih merata bagi seluruh lapisan masyarakat," terang Yogi.
Kemudian membantu pelaku UMKM membuka peluang lebih luas dalam perjalanannya mendapatkan modal usaha, platform 99% Usahaku V2.0 pun telah menyediakan berbagai solusi yang dapat memudahkan perkembangan bisnis mereka dalam fitur Solusiku, mulai dari solusi akuntansi terintegrasi dengan Point of Sales (POS) Artaka, layanan iklan digital Telkomsel MyAds, hingga paket internet khusus dengan harga yang lebih terjangkau bagi pelaku UMKM.
Yogi berharap pengembangan ini dapat meningkatkan kapabilitas 99% Usahaku agar dapat menjadi platform yang terus relevan bagi para pelaku UMKM, dapat menjadi mitra yang selalu hadir memberikan kemudahan bagi mereka hingga ke pelosok negeri, dan dapat menjadi andalan untuk melalui beragam tantangan dari waktu ke waktu.
"Telkomsel sebagai leading digital telco akan terus mendukung pemberdayaan UMKM melalui inisiatif kolaborasi hingga pemanfaatan teknologi terdepan secara berkelanjutan," tutup Yogi.