Kamis 03 Mar 2022 20:15 WIB

Apa Itu Bootstrap?

Bootstrap adalah kerangka kerja CSS yang menginisialisasi sistem operasi.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Bootstrap
Bootstrap

Bootstrap adalah kerangka kerja CSS yang menginisialisasi sistem operasi (OS). Bootstrap berisikan templat desain berbasis HTML dan CSS untuk tipografi, formulir, tombol, navigasi, dan komponen antarmuka lainnya, serta juga ekstensi opsional JavaScript. Bootstrap hanya fokus pada pengembangan front-end atau mempercantik tampilan website.

Desain responsif memungkinkan halaman web atau aplikasi mendeteksi ukuran dan orientasi layar pengunjung dan menyesuaikan tampilan secara otomatis; pendekatan seluler pertama mengasumsikan bahwa ponsel cerdas, tablet, dan aplikasi seluler khusus tugas adalah alat utama karyawan untuk menyelesaikan pekerjaan dan memenuhi persyaratan teknologi tersebut dalam desain.

Baca Juga: Apa Itu Income?

Bootstrap mencakup komponen antarmuka pengguna, tata letak, dan alat JS bersama dengan kerangka kerja untuk implementasi. Perangkat lunak ini tersedia dikompilasi atau sebagai kode sumber.

Mark Otto dan Jacob Thornton mengembangkan Bootstrap di Twitter sebagai sarana untuk meningkatkan konsistensi alat yang digunakan di situs dan mengurangi pemeliharaan. Perangkat lunak ini sebelumnya dikenal sebagai Twitter Blueprint dan kadang-kadang disebut sebagai Twitter Bootstrap.

Di komputer, kata bootstrap berarti boot: memuat program ke komputer menggunakan program awal yang jauh lebih kecil untuk memuat program yang diinginkan (biasanya sistem operasi).

Bootstrap dilengkapi dengan beberapa komponen JavaScript dalam bentuk plugin jQuery. Mereka menyediakan tambahan elemen antarmuka untuk pengguna seperti kotak dialog, tooltips, dan carousels.

Mereka juga memperluas fungsi dari beberapa elemen antarmuka yang sudah ada, termasuk fungsi auto-complete untuk bidang input. Di versi 1.3, plugin JavaScript berikut ini didukung oleh Bootstrap: Modal, Dropdown, Scrollspy, Tab, Tooltip, Popover, Alert, Button, Collapse, Carousel dan Typeahead.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement