Jumat 25 Feb 2022 08:20 WIB

Tips Atur Gaji Rp 2 Juta Sebulan, Bisa Nabung dan Nongkrong

Gaji cuma Rp 2 juta sebulan. Bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bahkan bisa nabung, investasi, dan nongkrong. Berikut tipsnya untuk kamu.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Tips Atur Gaji Rp 2 Juta Sebulan, Bisa Nabung dan Nongkrong
Tips Atur Gaji Rp 2 Juta Sebulan, Bisa Nabung dan Nongkrong

Gaji cuma Rp 2 juta, tapi ingin semua kebutuhan terpenuhi dan menabung? Bisa, asalkan dapat mengatur keuangan dengan baik.

Bagaimana cara mengelola keuangan dengan gaji Rp 2 juta? Berikut tipsnya yang bisa kamu coba.

Baca Juga: Survei: Kartu Kredit dan Paylater Jadi Andalan Anak Muda Belanja Cicilan

 

Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan Rp 2 juta sebulan

1. Pakai sistem 60/20/20

Sistem mengatur keuangan 60/20/20 merupakan cara mengatur gaji Rp 2 juta yang ampuh. Ketika gaji diterima, langsung sisihkan sesuai persentase ini.

Tujuannya agar gajimu tidak terlanjur dipakai untuk hal-hal di luar kebutuhan. Pembagian persentasenya, 60% untuk kebutuhan sehari-hari, seperti beli bahan makanan, peralatan mandi, ongkos transportasi, bayar tagihan atau cicilan.

Sebesar 20% dari gaji dialokasikan untuk tabungan atau investasi. Sedangkan 20% sisanya pengeluaran tambahan. 

Agar kamu terbiasa, lakukan pelan-pelan tapi disiplin dalam menerapkannya. Kalaupun suatu saat gajimu naik, kamu sudah terbiasa hidup dengan keuangan yang teratur.

2. Buat daftar pengeluaran lebih rinci

Daftar pengeluaran juga harus dibuat secara rinci sebagai pedoman untuk mengatur keuangan. Ada dua macam tipe pengeluaran, yaitu pengeluaran tetap dan fleksibel

Pengeluaran tetap, seperti biaya kebutuhan pokok (makan dan minum), bayar sewa rumah dan tagihan listrik atau air, bayar cicilan utang, ongkos transportasi. Sementara pengeluaran yang bersifat fleksibel, contohnya hiburan, belanja keinginan.

Contoh Mengatur Keuangan Rp 2 Juta Sebulan untuk Single

60% dari Rp 2 juta = Rp 1,2 juta

  • Makan dan minum Rp 600 ribu (Rp 20 ribu per hari x 30 hari)
  • Sewa rumah = Rp 300 ribu
  • Tagihan listrik dan air = Rp 100 ribu
  • Pulsa / internet = Rp 50 ribu
  • Ongkos transportasi = Rp 105 ribu (Rp 3.500 x 30 hari)
  • Cicilan utang = Rp 45 ribu.

20% dari Rp 2 juta = Rp 400 ribu

  • Tabungan = Rp 200 ribu
  • Investasi = Rp 200 ribu

20% dari Rp 2 juta = Rp 400 ribu

  • Asuransi = Rp 100 ribu
  • Hiburan = Rp 100 ribu
  • Biaya tak terduga = Rp 200 ribu

Mengatur Keuangan

Mengatur keuangan

3. Gunakan pembayaran otomatis

Agar pembayaran tagihan tidak terlambat, gunakan sistem autodebet dari rekening gaji. Ketika tanggal jatuh tempo tiba, tagihan akan otomatis dibayarkan.

Jadi, terhindar dari denda keterlambatan maupun polis asuransi lapse (tidak berlaku). Pembayaran otomatis juga dapat membantu mengatasi kesulitan mengatur keuangan selama ini.

Baca Juga: Tips Atur Gaji dengan Metode 50:30:20 Biar Bisa Investasi

4. Senang-senang sesuai bujet

Kalau melihat contoh di atas, bujet hangout atau hiburan kamu dibatasi Rp 100 ribu per bulan. Jadi, lakukan sesuai kondisi keuangan yang sudah direncanakan.

Jika anggaran hiburan kamu sudah habis sebelum waktunya, tahan diri. Lebih baik di rumah saja melakukan kegiatan menyenangkan tanpa perlu keluar uang.

Oleh sebab itu, atur jadwal hangout kamu sebaik mungkin. Misalnya menggunakan bujet hiburan hanya ketika ingin menonton film yang sangat kamu sukai. Atau pas di akhir bulan.

Tak perlu mengikuti gaya hidup teman yang selalu bersenang-senang setiap hari. Makan di restoran, jajan kopi kekinian, atau nonton film bioskop setiap minggu. Ingat, kamu bukan sultan tetapi hanya karyawan dengan gaji pas-pasan.

Baca Juga: 6 Penyebab Kamu Susah Jadi Orang Kaya

5. Cari penghasilan tambahan

Meskipun masih sanggup memenuhi kebutuhan, apakah kamu ingin hidup hanya dengan gaji Rp 2 juta terus-terusan? Pasti ingin bisa meningkatkan penghasilan.

Caranya, dengan bekerja sampingan untuk memperoleh pemasukan tambahan. Entah itu jualan online, jadi driver online, freelance, atau kerja sampingan lain.

Dengan penghasilan tambahan, kamu bisa menggunakannya untuk menambah anggaran tabungan, menaikkan bujet investasi, atau ikut pelatihan yang bisa meningkatkan keterampilan dan keahlian.

Semua ini dilakukan untuk masa depan keuangan yang lebih baik. Jika punya keahlian lebih, kamu bisa mencari pekerjaan dengan gaji lebih besar.

Lakukan pekerjaan sampingan di bidang apapun selepas pulang bekerja atau di hari libur. Sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama.

Belanja Sesuai Rencana dan Anggaran

Gaji Rp 2 juta sebaiknya tidak perlu diambil pusing karena tips-tips di atas akan membantumu mengatur keuangan, sehingga gaji ini cukup.

Sebaiknya hindari pengeluaran yang berlebih agar pos-pos pengeluaran tidak over budget. Apalagi belanja di luar rencana dan anggaran. Belajar hidup hemat, disiplin, dan komitmen agar keuangan tak berantakan.

Baca Juga: Aplikasi Pinjaman Online dan Cara Cerdas Menggunakannya

 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement