Rabu 23 Feb 2022 10:22 WIB

Adopsi Bitcoin, Pengunjung Pariwisata El Salvador Melonjak!

Pengunjung industri pariwisata di El Salvador telah melonjak lebih dari 30% sejak penerapan undang-undang Bitcoin pada September 2021.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Adopsi Bitcoin, Pengunjung Pariwisata El Salvador Melonjak!
Adopsi Bitcoin, Pengunjung Pariwisata El Salvador Melonjak!

Adopsi Bitcoin (BTC) oleh El Salvador sebagai alat pembayaran yang sah pada September 2021 lalu telah memicu lonjakan penting tidak hanya untuk produk domestik bruto (PDB) tetapi juga untuk pengembangan pariwisata lokal.

Melansir dari Cointelegraph, Rabu (23/02) menurut Menteri Pariwisata Salvador, Morena Valdez, industri pariwisata di El Salvador telah melonjak lebih dari 30% sejak penerapan undang-undang Bitcoin pada September 2021.

Baca Juga: Gak Ada Lawan! Presiden El Salvador Tawarkan Kewarganegaraan bagi Investor Asing

"Kami melakukan jajak pendapat untuk memeriksa aktivitas sesuai dengan sebelum dan sesudah Bitcoin. Sektor pariwisata meningkat pada november dan desember. Ini meningkat lebih dari 30%," kata Valdez.

Valdez mencatat bahwa adopsi Bitcoin El Salvador juga berdampak pada arus kunjungan wisatawan, meningkatkan jumlah wisatawan yang datang dari Amerika Serikat. Sebelum diberlakukannya undang-undang Bitcoin, mayoritas pengunjung berasal dari negara-negara tetangga di negara-negara tetangga di negara-negara amerika tengah. Sekarang, sebanyak 60% wisatawan berasal dari Amerika Serikat, katanya.

Menteri menambahkan bahwa pertumbuhan pariwisata El Salvador telah melampaui harapan pemerintah, mencapai 1,4 juta pengunjung, bukan 1,1 juta wisatawan.

"Kami telah memproyeksikan 800.000 dolar dalam valuta asing tetapi kami memperoleh lebih dari 1.400 juta dolar pendapatan dalam mata uang asing," kata Valdez.

Berita itu muncul tak lama setelah Presiden Salvador Nayib Bukele mengumumkan bahwa PDB El Salvador tumbuh 10,3% pada tahun 2021. Ekspor negara itu, pendorong utama pertumbuhan ekonomi, juga meningkat 13% dari tahun ke tahun pada Januari 2022.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement