Ahad 20 Feb 2022 19:15 WIB

Mengapa Kreator Kripto Sering Sembunyikan Identitas Asli?

Banyak pembuat konten NFT yang hanya menggunakan nama samaran.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
NFT The Bored Ape nomor 4,418
Foto: reuters
NFT The Bored Ape nomor 4,418

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Dua sahabat dari Florida tidak pernah berniat mencari pusat perhatian. Namun, kemudian mereka membangun kerajaan bisnis bernilai jutaan dolar yang menjual seni digital. Orang-orang ingin tahu siapa mereka. 

Di bawah nama samaran “Gagamel” dan “Gordon Goner”, mereka menciptakan “Bored Ape Yacht Club”, koleksi 10.000 kartun kera dengan berbagai gaya rambut dan pakaian.

Baca Juga

Mereka menjual gambar-gambar ini sebagai token digital (NFT). Saat ini, sulit untuk mendapatkan NFT itu dengan harga kurang dari 280 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau Rp 4,022 miliar. Naiknya nilai penjualan ini sebagian berkat dukungan selebriti seperti Paris Hilton hingga Serena Williams.

Outlet berita AS BuzzFeed melakukan beberapa penyelidikan awal bulan ini dan mengungkap identitas mereka yang sebenarnya. Hal ini memicu kemarahan di kalangan penggemar di media sosial.

Doxing itu gila, membahayakan orang,” tulis seorang pengguna Twitter, mengkritik apa yang dilakukan BuzzFeed.

Doxing adalah istilah mencari tahu identitas seseorang yang bertentangan dengan keinginan orang tersebut. Kisah ini telah memfokuskan kembali perhatian pada anonimitas di dunia kripto.

Pencipta “Bored Apes” mungkin suka bersembunyi di dunia kripto. Namun, mereka adalah pemilik bisnis bernama Yuga Labs, jadi mereka harus mengikuti semua aturan biasa pengajuan perusahaan, termasuk menyediakan penerima manfaat yang disebutkan.

“Menggunakan nama samaran tidak membuat Anda anonim,” kata Alexander Stachtenko, pakar cryptocurrency untuk perusahaan KPMG.

 

Tidak jelas mengapa para pendiri Bored Apes ingin tetap anonim. Mereka telah memberikan beberapa wawancara dengan nama samaran mereka. Kritikus mengatakan siapa pun yang menghasilkan uang dari NFT akan bijaksana untuk mencari anonimitas. Namun, para penggemar senang menjadi bagian dari komunitas di mana kepemilikan NFT sering kali menjadi pintu gerbang ke gim dan fasilitas lainnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement