Rabu 16 Feb 2022 12:42 WIB

Panas! Miliarder China Ini Dituduh Jadi Antek Komunis

Seorang pengusaha miliarder China-Australia dituduh sebagai dalang di balik rencana ikut campur dalam pemilihan di Australia.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Bendera Australia dan China. (Visual China Group)
Bendera Australia dan China. (Visual China Group)

Seorang pengusaha miliarder China-Australia dituduh sebagai dalang di balik rencana ikut campur dalam pemilihan di Australia. Miliarder pengembang properti ini, Chau Chak Wing telah membalas tuduhan tak berdasar itu dengan keras.

Senator Buruh Kimberley Kitching menuduh Chau adalah orang yang diklaim jaringan mata-mata Australia berada di balik rencana untuk secara diam-diam membiayai dan memanipulasi kandidat pemilu. Chau sebelumnya telah disebutkan di parlemen sebagai agen Partai Komunis China.

Melansir Daily Mail di Jakarta, Rabu (16/2/22) pengembang properti ini pun membalas dengan mengancam akan menuntut Senator Kitching, seperti yang berhasil dilakukannya kepada ABC dan Nine News tahun lalu.

Baca Juga: Merinding, Australia Sebut 3 Negara Ini Aktor Pemfitnah dan Perusak Demokrasi

"Saya terkejut dan kecewa dengan klaim tak berdasar dan sembrono yang dibuat oleh Senator Kimberley Kitching selama sidang perkiraan Senat pada hari Senin," katanya.

Chau menyayangkan ketika perwakilan terpilih menggunakan perisai hak istimewa parlemen untuk menjelek-jelekkan dan menyerang warga Australia tanpa menunjukkan bukti.

"Saya seorang pengusaha dan dermawan, saya tidak pernah terlibat atau tertarik untuk mengganggu proses pemilihan demokratis di Australia," kecamnya.

Chau pun mengundang Senator Kitching untuk menunjukkan keberanian dan integritas dengan mengulangi klaimnya dan mengungkapkan sumber yang diandalkan di luar parlemen.

Untuk diketahui, Chau mengajukan gugatannya pada tahun 2017 terhadap ABC dan Nine atas laporan Four Corners yang menunjukkan bahwa dia membayar suap yang disamarkan sebagai sumbangan politik.

Akhirnya, kedua organisasi berita itu pada 2 Februari 2021 diperintahkan untuk membayarnya $590.000 setelah dia memenangkan klaim pencemaran nama baik.

Dia juga mengumpulkan $247.672 pada Februari 2019 dari Sydney Morning Herald atas artikel yang menghubungkannya dengan skandal suap AS.

Sebagai seorang dermawan, Chau telah menyumbangkan lebih dari $4 juta untuk partai politik di Australia sejak tahun 2004 dan memberikan $45 juta lebih lanjut untuk universitas-universitas Australia, termasuk University of Sydney, yang menamai museum dengan namanya, dan University of Technology di Sydney, yang menamai sekolah bisnisnya dengan namanya.

Sekolah bisnis tersebut bertempat di gedung yang dirancang oleh Frank Gehry setelah pengusaha terkemuka menyumbangkan $20 juta.

Selama pidato penilaian ancaman tahunannya minggu lalu, direktur jenderal ASIO Mike Burgess mengungkapkan plot oleh kekuatan asing yang secara diam-diam mendanai kandidat politik agar mereka terpilih.

Burgess menolak menyebutkan nama pemerintah asing atau mengidentifikasi individu atau pemilu yang terlibat.

Tetapi ketika dia ditanyai pada sidang perkiraan Senat tadi malam, Senator Kitching menggunakan hak istimewa parlemen untuk mengklaim bahwa Chau berada di balik rencana tersebut.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement