Senin 07 Feb 2022 16:56 WIB

IHSG Tembus 6.800, Saham Grup Hary Tanoe Kembali Jadi Top Gainers

Hari ini saham bank di IHSG menjadi sektor yang paling diminati asing

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Petugas membersihkan lantai di depan layar indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat signifikan pada penutupan perdagangan Senin (7/2). Sepanjang hari ini, IHSG bergerak di zona hijau dan berakhir di level 6.804,93 atau melesat 1,09 persen dibanding posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak A
Petugas membersihkan lantai di depan layar indeks harga saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat signifikan pada penutupan perdagangan Senin (7/2). Sepanjang hari ini, IHSG bergerak di zona hijau dan berakhir di level 6.804,93 atau melesat 1,09 persen dibanding posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat signifikan pada penutupan perdagangan Senin (7/2). Sepanjang hari ini, IHSG bergerak di zona hijau dan berakhir di level 6.804,93 atau melesat 1,09 persen dibanding posisi penutupan perdagangan akhir pekan lalu.  

Pilarmas Investindo Sekuritas melaporkan kenaikan IHSG hari ini ditopang oleh sektor-sektor yang memandang optimistis pertumbuhan ekonomi. Hal ini seiring dengan rilis data dari BPS yang menunjukkan tanda-tanda perbaikan ekonomi.

Baca Juga

Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal IV mencapai sebesar 1,06 persen secara kuartalan. Sedangkan secara tahunan, PDB Indonesia tumbuh 5,02 persen, lebih tinggi dari periode sebelumnya yang naik 3,51 persen. 

Di sisi lain, pasar saham Asia bergerak fluktuatif merespons turunnya rilis data PMI Servis China dari 53,1 menjadi 51,4 pada bulan Januari 2022. Aktivitas bisnis bertumbuh lambat setelah kasus Omicron meningkat yang mengindikasikan adanya antisipasi konsumsi disepanjang Januari. 

Sepanjang hari ini, investor asing membukukan pembelian bersih hingga Rp 1,96 triliun. Saham bank menjadi sektor yang paling diminati asing seperti BBRI, BBCA, BMRI, BBNI hingga ARTO. Selain itu, investor juga memburu saham yang berkaitan dengan infrastruktur telekomunikasi dan teknologi seperti TLKM, TOWR, hingga EMTK.

Sementara itu, saham group MNC milik Hariy Tanoesoedibjo kembali menguasai daftar top gainers hari ini. BCAP mengalami kenaikan sebesar 33,77 persen, IPTV menguat 21,77 persen, KPIG meningkat 16,48 persen, serta BABP dan BHIT masing-masik naik 8,52 persen dan 6,56 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement