Jumat 17 Dec 2021 11:24 WIB

Bank Sentral Turki Turunkan Suku Bunga, Kurs Lira Terjun Bebas

Saat ini inflasi di Turki meningkat tajam karena Erdogan menolak menaikkan suku bunga

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Mata uang Turki, lira (ilustrasi)
Mata uang Turki, lira (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Bank sentral Turki memangkas suku bunga utama tingkat repo menjadi 14 persen dari 15 persen. Hal ini menjadikan nilai tukar (kurs) mata uang lira ke rekor terendah baru yakni mencapai 15,5 terhadap dolar AS segera setelah pemangkasan suku bunga.

Seperti dilansir dari laman CNBC, Jumat (17/12) mata uang telah menembus 15 terhadap dolar AS dalam beberapa jam sebelum keputusan karena pasar mengantisipasi penurunan suku bunga. 

Baca Juga

Saat ini inflasi di negara berpenduduk 84 juta itu lebih dari 21 persen dan meningkat karena Presiden Recep Tayyip Erdogan menolak menaikkan suku bunga. Lira telah kehilangan 50 persen nilainya terhadap dolar tahun ini.

Investor dan ekonom meminta Erdogan untuk membalikkan arah, tetapi dia sejauh ini berpegang pada keyakinannya yang tidak biasa bahwa tingkat yang lebih tinggi memperburuk inflasi, daripada mendinginkannya, seperti prinsip ekonomi yang diterima secara luas.

Namun demikian, kata Jason Tuvey, ekonom senior pasar berkembang di Capital Economics, lira akan tetap berada di bawah tekanan dan kontrol modal kemungkinan besar terjadi. "Langkah hari ini memberikan bukti lebih lanjut, jika ada yang diperlukan, bahwa perkembangan makro memainkan peran kecil dalam perumusan kebijakan CBRT," tulis Tuvey.

Lira telah merosot 36 persen terhadap dolar AS sejak awal November saja. Inflasi diperkirakan akan melonjak hingga 30 persen dalam beberapa bulan mendatang.

“Tetapi Presiden Erdogan terus mendikte CBRT yang dibersihkan secara besar-besaran untuk menguji pandangannya yang tidak ortodoks bahwa suku bunga yang lebih rendah diperlukan untuk menurunkan inflasi,” kata Tuvey.

Keputusan tersebut mengikuti serangkaian panjang penurunan suku bunga dari bank sentral, yang dilihat oleh pasar tidak independen dari Erdogan. Dia telah memecat beberapa pejabat bank sentral, termasuk tiga gubernur bank sentral dalam dua tahun terakhir, karena perbedaan kebijakan. Suku bunga sekarang telah turun dengan total 500 basis poin sejak September.

Bank sentral Turki sebelumnya mengumumkan akan melakukan intervensi langsung di pasar valuta asing pada Senin, menjual dolar untuk menopang lira. Tetapi mengingat cadangan FX yang sudah rendah, para analis meragukan strategi tersebut akan efektif.

Analis menyebut penurunan lira saat ini sebagai krisis mata uang kedua bagi Turki dalam tiga tahun. Pada paruh pertama 2018, investor sudah membunyikan alarm pada kurangnya independensi bank sentral dari Erdogan karena lira menembus apa yang, pada saat itu, rekor terendah empat dan kemudian lima lira terhadap dolar. Membayangkan mata uang jatuh hingga 15 dolar pada saat itu tidak terduga.

Dan kecepatan jatuhnya hampir eksponensial; penurunan dari tiga lira ke dolar menjadi empat membutuhkan waktu dua tahun mulai 2016, sementara mata uang anjlok dari 10 menjadi 15 terhadap dolar dalam waktu sekitar enam minggu mulai bulan November.

Arda Tunca, seorang ekonom dan kolumnis situs berita Turki PolitikYol, mengatakan depresiasi mata uang dapat membantu meningkatkan volume ekspor, volatilitas FX dapat lebih merugikan bisnis.

“Di bawah struktur industri Turki, volatilitas FX yang tinggi menyebabkan bisnis kehilangan kendali atas biaya mereka. Jika biaya tidak dikendalikan, reaksi dari bisnis adalah menghentikan produksi dan mengutip harga di sisi penjualan,” kata Tunca. 

“Dengan kata lain, mekanisme penetapan harga menjadi beku, fakta yang berpotensi besar menyebabkan penghentian mendadak baik di tingkat ekonomi mikro maupun makro,” ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement