Kamis 16 Dec 2021 09:30 WIB

Inflasi Capai Rekor, Pengeluaran Konsumen AS Melambat

Banyak analis memperkirakan pemulihan ekonomi AS akan tetap di jalurnya.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Pusat perbelanjaan di Amerika Serikat (ilustrasi). Inflasi yang mencapai rekor tertinggi membuat masyarakat AS menahan konsumsi mereka.
Foto: VOA
Pusat perbelanjaan di Amerika Serikat (ilustrasi). Inflasi yang mencapai rekor tertinggi membuat masyarakat AS menahan konsumsi mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mesin ekonomi Amerika Serikat (AS), belanja konsumen, turun bulan lalu. Hal ini menandakan inflasi yang tinggi dapat memperlambat pemulihan.

Seperti dilansir dari laman Aljazeera, Kamis (16/12), penjualan ritel dan layanan makanan AS meningkat 0,3 persen pada November setelah melonjak 1,8 persen pada bulan sebelumnya. Angka utama menunjukkan inflasi harga konsumen yang melejit berakselerasi pada laju tercepatnya dalam hampir 40 tahun bulan lalu. Hal ini menekan pengeluaran konsumen, yang mendorong sekitar dua pertiga dari pertumbuhan ekonomi AS.

Baca Juga

Tetapi penurunan tajam pada penjualan ritel pada November juga dapat berasal dari konsumen yang memulai belanja liburan. Industri ritel telah melihat biaya mereka meroket tahun ini, berkat kemacetan rantai pasokan, dan kekurangan bahan baku dan pekerja. Setidaknya sebagian dari biaya tersebut dibebankan kepada konsumen dalam bentuk harga yang lebih tinggi.

Indeks Harga Produsen, yang mengukur harga yang diterima industri terhadap barang dan jasa melonjak 9,6 persen bulan lalu dari periode yang sama tahun lalu. Hal itu merupakan peningkatan tertinggi pada catatan sejak 2010.

The Federal Reserve akan menyelesaikan pertemuan penetapan kebijakan terakhir tahun ini. Awal bulan ini, Gubernur Fed Jerome Powell mengirim telegram kepada anggota parlemen AS bahwa The Fed dapat mengalihkan prioritasnya dari mendukung pemulihan pasar tenaga kerja dan ke arah menjaga inflasi dengan mempercepat pelepasan pembelian obligasi - yang telah membantu menjaga pinjaman jangka panjang.

Kebijakan suku bunga rendah The Fed sejak pandemi melanda, dikombinasikan dengan bantuan pandemi pemerintah yang murah hati telah meningkatkan suku bunga tabungan di Amerika Serikat dan menjaga belanja konsumen.

Tetapi pandemi Covid-19 membuat konsumen beralih dari pengeluaran layanan seperti makan di luar dan ke barang-barang, seperti perabot rumah tangga. Ke depan, banyak analis memperkirakan pemulihan ekonomi akan tetap di jalurnya, meskipun ada hambatan inflasi. Tetapi perkiraan itu sebagian besar datang dengan peringatan bahwa momentum pemulihan berputar di jalur pandemi ketika varian virus Omicron berbaris di seluruh AS.

Kepala Ekonom Capital Economics AS Gregory Daco mengatakan pertumbuhan pendapatan tenaga kerja yang kuat, peningkatan tabungan berlebih, dan neraca yang sehat akan mendukung momentum belanja konsumen yang kuat pada tahun mendatang.

"Namun, risiko penurunan terhadap prospek meningkat mengingat penurunan baru dalam situasi kesehatan," ucap Daco.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement