REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk berencana meluncurkan aplikasi yang menghubungkan sekaligus mempermudah para pengelola dan penghuni rumah, perumahan, atau apartemen untuk membayar tagihan-tagihan. Adapun aplikasi ini mencakup pembayaran iuran terkait hunian hingga menyampaikan keluhan dan pertukaran informasi lainnya.
Direktur Operation, IT, & Digital Banking BTN Andi Nirwoto mengatakan perseroan berupaya berinovasi untuk memberikan layanan perbankan untuk mempermudah dan melengkapi kebutuhan hidup para nasabahnya.
"Kami melihat ada kebutuhan yang tinggi untuk pembayaran iuran-iuran terkait hunian terutama pada nasabah techsavvy. Dengan menghadirkan aplikasi yang sedang kami siapkan ini, harapannya ke depan akan mempermudah para nasabah dalam membayar seluruh tagihan atau iuran baik di perumahan maupun apartemen melalui ponsel pintar nasabah," ujarnya, Kamis (2/12).
Andi menuturkan selain pembayaran iuran, nasabah sebagai pelanggan juga dapat menyampaikan keluhan kepada pengelola perumahan atau apartemen. Sebaliknya, para pengelola perumahan atau apartemen juga dapat menyampaikan informasi-informasi penting bagi para pengguna fasilitas huniannya.
Nantinya, aplikasi ini akan ditawarkan bagi seluruh mitra pengembang BTN hingga debitur kredit pemilikan rumah (KPR) atau kredit pemilikan apartemen (KPA) perseroan. "Aplikasi ini akan kami tawarkan baik berbasis Android maupun iOS bagi pengguna, maupun berbasis web bagi pengelola rumah, perumahan, atau apartemen,” ucapnya.
Menurut Andi aplikasi tersebut secara resmi akan dilaunching bertepatan dengan HUT KPR BTN 10 Desember mendatang. Andi meyakini aplikasi yang sudah siap edar itu akan semakin melengkapi layanan digital banking BTN termasuk juga bakal mendukung visi BTN sebagai The Best Mortgage Bank di Asia Tenggara pada 2025 mendatang.
“Digital Mortgage Ecosystem BTN akan terus berkembang guna menjadi platform ekosistem perumahan yang akan melayani kebutuhan masyarakat dari hulu sampai dengan hilir, dimulai dari pencarian, pengembangan, pembelian dan penjualan properti atau rumah, kontrakan rumah, renovasi rumah, interior rumah sampai dengan melayani kebutuhan utilities rumah secara rutin,” ucapnya.