Kamis 02 Dec 2021 12:19 WIB

Disney Pilih Perempuan Sebagai Pemimpin Pertama Kalinya

Susan Arnold menjadi pemimpin perempian Disney pertama dalam 98 tahun.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Friska Yolandha
Walt Disney
Foto: The Walt Disney Company
Walt Disney

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Walt Disney telah memilih seorang wanita untuk menjadi ketuanya untuk pertama kalinya dalam 98 tahun sejarah raksasa hiburan itu. Susan Arnold, yang telah menjadi anggota dewan Disney selama 14 tahun, akan menggantikan Bob Iger pada akhir tahun ini.

Dia sebelumnya adalah seorang eksekutif di perusahaan investasi global Carlyle. Bob Iger, yang mengundurkan diri sebagai kepala eksekutif Disney pada tahun 2020 setelah 15 tahun menjabat, akan meninggalkan perusahaan pada akhir bulan ini.

Baca Juga

"Saat saya melangkah ke peran baru ini sebagai ketua dewan, saya berharap dapat terus melayani kepentingan jangka panjang pemegang saham Disney dan bekerja sama dengan CEO Bob Chapek saat ia membangun warisan keunggulan kreatif dan kreativitas perusahaan selama satu abad. inovasi," kata Susan Arnold dalam sebuah pernyataan, dilansir di BBC, Rabu (2/12).

Dia juga menjabat dalam peran senior di beberapa perusahaan terbesar di Amerika. Selama delapan tahun terakhir Arnold telah menjadi eksekutif di Carlyle Group, setelah sebelumnya memegang peran di raksasa barang konsumen Procter and Gamble dan rantai makanan cepat saji McDonald's.

"Susan adalah eksekutif yang sangat terhormat yang kekayaan pengalamannya, integritasnya yang tak tergoyahkan, dan penilaian ahlinya sangat berharga bagi perusahaan sejak dia pertama kali bergabung dengan Dewan pada 2007," kata Iger.

Pengangkatannya dilakukan ketika perusahaan besar itu menjauh dari struktur manajemen di mana peran kepala eksekutif dan ketua dipegang oleh orang yang sama setelah tekanan dari pakar tata kelola perusahaan, investor dan, dalam beberapa kasus, regulator untuk memisahkan dua posisi kunci.

Keluarnya Iger menandai berakhirnya sebuah era Disney, yang telah memegang peran senior di perusahaan tersebut sejak tahun 1996. Pada masanya sebagai kepala eksekutif Disney, Iger melakukan sejumlah akuisisi besar, termasuk pengambilalihan Pixar, Marvel, Lucasfilm dan 21st Century Fox. Pada tahun 2016, perusahaan membuka taman hiburan dan resor pertamanya di daratan China.

Beberapa eksekutif Disney lainnya telah mengumumkan rencana untuk pergi pada akhir tahun ini, termasuk kepala studio Alan Horn, presiden dan kepala eksekutif kreatif Disney Branded Television Gary Marsh dan penasihat umum perusahaan Alan Braverman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement