Kamis 25 Nov 2021 11:26 WIB

AS Targetkan Krisis Ekonomi Tuntas Akhir 2021

Produk domestik bruto AS naik pada tingkat 2,1 persen pada kuartal ketiga.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Warga AS berbelanja di sebuah supermarket di Miami Utara, Florida, Amerika Serikat.
Foto:

Tanda-tanda ekonomi mendapatkan kembali momentum setelah mencapai lonjakan kecepatan pada kuartal Juli-September karena kasus virus corona berkobar selama musim panas dan kekurangan menjadi lebih luas dapat mengakibatkan Federal Reserve dengan cepat mengakhiri program pembelian obligasinya.

Memang, risalah pertemuan kebijakan 2-3 November bank sentral AS yang diterbitkan pada hari Rabu menunjukkan beberapa pejabat Fed akan terbuka untuk melakukannya.

photo
Warga AS berbelanja di sebuah supermarket di Miami Utara, Florida, Amerika Serikat. - (AP Photo/Marta Lavandier)

"Kami melihat Fed mempercepat penurunan pada Januari untuk membersihkan landasan bagi kenaikan suku bunga September," kata Lydia Boussour, ekonom utama AS di Oxford Economics di New York.

Sebuah laporan terpisah dari Departemen Perdagangan pada hari Rabu menunjukkan produk domestik bruto naik pada tingkat 2,1 persen pada kuartal ketiga. Itu adalah sedikit revisi ke atas dari kecepatan 2,0 persen yang diperkirakan pada bulan Oktober, tetapi masih yang paling lambat dalam lebih dari satu tahun. Ekonomi tumbuh pada tingkat 6,7 persen pada kuartal kedua.

Lebih lanjut, laporan ketiga dari Departemen Perdagangan menunjukkan belanja konsumen, yang menyumbang lebih dari dua pertiga aktivitas ekonomi AS, melonjak 1,3 persen pada Oktober setelah naik 0,6 persen pada September.

Konsumen, yang didukung kenaikan upah dan tabungan besar-besaran, membeli kendaraan bermotor dan bepergian, belum menunjukkan tanda-tanda menahan diri karena inflasi yang tinggi. Pemulihan simultan ekonomi global dari pandemi didorong oleh triliunan dolar uang bantuan dari pemerintah telah membuat rantai pasokan tegang dan melepaskan inflasi.

Presiden Joe Biden mengumumkan, Selasa (23/11), Amerika Serikat akan melepaskan 50 juta barel minyak mentah dari Cadangan Minyak Strategis AS untuk membantu mendinginkan harga minyak, berkoordinasi dengan China, India, Korea Selatan, Jepang dan Inggris.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE), tidak termasuk komponen makanan dan energi yang mudah menguap, meningkat 0,4 persen bulan lalu setelah naik 0,2 persen pada bulan September.

Dalam 12 bulan hingga Oktober, indeks harga PCE inti meningkat 4,1 persen. Itu adalah kenaikan terbesar sejak Januari 1991 dan mengikuti kenaikan 3,7 persen tahun-ke-tahun di bulan September. Indeks harga PCE inti adalah ukuran inflasi pilihan Fed untuk target 2 persen yang fleksibel. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement