Jumat 29 Oct 2021 07:14 WIB

Pertumbuhan Ekonomi AS Melambat Akibat Varian Delta Covid-19

Pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat pada kuartal III 2021 tercatat hanya 2 persen.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Amerika Serikat
Bendera Amerika Serikat

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pertumbuhan ekonomi AS melambat tajam pada kuartal ketiga tahun ini karena varian delta yang menyebar cepat dari virus corona mengurangi pengeluaran konsumen.

Seperti dilansir dari BBC.com, Jumat (29/10), pertumbuhan ekonomi kuartal III 2021 tercatat hanya 2 persen, turun dari 6,7 persen pada kuartal sebelumnya. Itu terjadi ketika AS menghadapi masalah rantai pasokan, meningkatnya inflasi, dan pembatasan aktivitas baru di beberapa tempat.

Baca Juga

Tetapi tingkat infeksi menurun dan beberapa ahli berpikir pertumbuhan akan meningkat. Selama kuartal ketiga, Departemen Perdagangan mengatakan, kebangkitan kembali kasus Covid-19 mengakibatkan pembatasan baru dan penundaan pembukaan kembali perusahaan di beberapa bagian negara.

Adapun, pinjaman era pandemi untuk bisnis, hibah kepada pemerintah negara bagian dan lokal, dan manfaat sosial untuk rumah tangga semuanya menurun. Antara lain, penjualan barang-barang manufaktur besar turun 26 persen selama periode tersebut. Secara khusus, penjualan mobil baru turun tajam, karena harga melonjak di tengah kekurangan semikonduktor.

Pada saat yang sama, pertumbuhan di sektor jasa AS melambat menjadi 7,9 persen, karena konsumen menghabiskan lebih sedikit untuk makan di luar dan menginap di hotel.

Ekonomi AS mengalami kontraksi tajam pada tahun 2020 ketika pandemi melanda, tetapi kembali meningkat pada paruh pertama tahun ini. Sejak itu, pemulihan telah mendingin karena lonjakan infeksi delta yang diperparah oleh tingkat vaksinasi yang lesu.

Adapun penambahan lapangan pekerjaan hanya 194 ribu pekerjaan, angka yang mengecewakan pada bulan September karena varian delta dari virus corona terus menyeret ekonomi. Para ekonom memperkirakan akan bertambah mendekati rata-rata bulanan 2021 sebesar 500 ribu.

Sementara itu, angka inflasi mencapai 5,4 persen pada September, dengan rantai pasokan global berjuang untuk memenuhi permintaan konsumen yang melonjak saat ekonomi dibuka kembali.

Federal Reserve berpendapat bahwa harga tinggi akan bersifat sementara dan tidak memiliki rencana segera untuk menaikkan suku bunga untuk mendinginkan keadaan. Namun, ia berharap untuk mulai mengurangi stimulus era pandemi untuk ekonomi akhir tahun ini, yang dikhawatirkan beberapa orang mungkin terlalu cepat.

Richard Flynn, Direktur Pelaksana di Charles Schwab UK, mengatakan, data PDB yang mengecewakan ini akan meningkatkan kekhawatiran investor tentang kekuatan ekonomi AS. "Risiko tidak diragukan lagi meningkat bagi investor, karena sekarang ada lebih banyak pertanyaan - termasuk tentang kebijakan fiskal dan moneter - daripada jawaban yang ada," ujarnya.

Namun, Willem Sels, Kepala investasi Global Private Banking and Wealth di HSBC, memperkirakan perlambatan hanya bersifat sementara. "Ketika perusahaan membangun kembali persediaan mereka yang sangat rendah, permintaan akan tetap kuat, dan aktivitas pada akhirnya akan meningkat," kata dia.

"Kami juga berpikir konsumsi akan pulih ketika konsumen tumbuh lebih percaya diri, terutama karena banyak rumah tangga telah berhasil menabung lebih banyak selama penguncian dan mungkin ingin berbelanja menjelang musim liburan," ujarnya menambahkan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement