Sabtu 16 Oct 2021 19:36 WIB

FAO Sebut 40 Persen Populasi tak Miliki Akses Makanan Sehat

FAO memandang masih ada sistem pertanian yang tidak setara di Indonesia.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Dwi Murdaningsih
Makanan sehat (ilustrasi)
Foto:

Dukunagn FAO untuk Indonesia pada Sistem Pertanian-Pangan

Sistem pertanian pangan mempekerjakan 1 miliar orang di seluruh dunia, lebih banyak dari sektor ekonomi lainnya. Namun sistem produksi pangan yang tidak berkelanjutan  menghancurkan habitat alami dan berkontribusi pada kepunahan spesies.

FAO bekerja sama dengan Pemerintah Indonesia dan berkontribusi untuk memastikan pembangunan pertanian pangan berkelanjutan di Indonesia. Sejak 2019, FAO bekerja sama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS) untuk menganalisis sistem pertanian pangan nasional dan memberikan beberapa rekomendasi untuk meningkatkan kapasitas sistem pertanian pangan nasional yang berkelanjutan. 

 

Pada produksi ikan di ekosistem laut dan perairan darat, FAO juga bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk mendorong konservasi dan praktik perikanan berkelanjutan. Terobosan dari upaya kolektif tersebut adalah IIFGIS (Integrated Inland Fisheries Geographic Information System) berbasis wilayah pengelolaan perikanan perairan darat (WPP-PD) Indonesia. 

FAO juga mendukung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk melestarikan hutan dan lahan gambut untuk mengatasi dampak perubahan iklim. "Kita membutuhkan tindakan kolektif untuk mengubah sistem pertanian pangan kita. Setiap orang harus memahami bahwa perlakuan mereka terhadap makanan mempengaruhi sistem pangan," ujar Rajendra.

Menurutnya transformasi global hanya bisa terjadi jika dimulai dari individu, yakni cara memilih, memproduksi, mengkonsumsi, dan membuang makanan mempengaruhi orang lain. "Kita perlu bertindak, dan sekarang, Mari kita bersama-sama berusaha dalam kapasitas apa pun yang kita bisa," ujarnya.

 

Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tahun pada 16 Oktober. Aksi kolektif di 150 negara anggota FAO membuat Hari Pangan Sedunia menjadi salah satu hari yang paling dirayakan dalam kalender PBB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement