Selasa 10 Aug 2021 23:34 WIB

Pemerintah Diminta Perluas Tax Base dan Ratio

Pengamat minta pemerintah perluas tax base, mulai dari karbon hingga makanan minuman

Penindakan rokok ilegal (ilustrasi). Pengamat minta pemerintah perluas tax base, mulai dari karbon hingga makanan minuman
Foto: Bea Cukai
Penindakan rokok ilegal (ilustrasi). Pengamat minta pemerintah perluas tax base, mulai dari karbon hingga makanan minuman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah saat ini membutuhkan dana besar untuk menanggulangi wabah Covid 19 yang sudah berjalan dua tahun serta membiayai pemulihan ekomomi. Sementara penerimaan pajak setiap tahunnya tidak pernah mencapai target.

Untuk meningkatkan penerimaan negara dari pajak, pemerintah perlu memperluas tax base (jenis barang dan jasa yang  dikenai pajak), tax ratio, dan menaikan PPN (pajak pertambahan nilai) dari semula 10 persen menjadi 12 persen. 

Ketiganya dimasukan dalam usulan Perubahan Kelima atas Undang–undang Perubahan No 6 tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU Perpajakan) yang sedang dibahas bersama  Dewan Perwailan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).

Hal tersebut disampaikan Peneliti Ekonomi dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) Christine Chen serta dosen dan Peneliti pada Pusat Pengkajian Kebijakan Ekonomi (PPKE) Universitas Brawijaya.

“RUU Perpajakan yang baru, (dibuat) untuk mengakomodasikan perpajakan baik di dalam maupun luar negeri. Perbaikan UU Perpajakan tidak hanya terjadi di Indonesia tapi juga dunia internasional,” ungkap Christine Chen.

Christine Chen memberikan contoh, kenaikan PPN yang diusulkan pemerintah sebesar 12 persen dari yang saat ini 10 persen. Usulan Kenaikan PPN bukan hanya dilakukan pemerintah Indonesia. 

Negara negara lain yang tergabung dalam OECD (Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan), bahkan menaikkan PPN Sebesar 15 persen. “Dengan demikian, rencana kenaikan PPN di dalam negeri 12 persen, itu masih dibawah kenaikan PPN di dunia internasional yang rata rata mencapai 15,4 persen," kata Christine Chen. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement