Jumat 06 Aug 2021 16:50 WIB

BUMN Borong GRC & Performance Excellence Award 2021

Kementerian BUMN sudah meluncurkan budaya kerja Akhlak untuk meningkatkan kinerja

Sebanyak 19 BUMN, 4 BUMD dan 5 perusahaan swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan The Best GRC & Performance Exellence Award 2021.
Foto: .
Sebanyak 19 BUMN, 4 BUMD dan 5 perusahaan swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan The Best GRC & Performance Exellence Award 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sebanyak 19 BUMN, 4 BUMD dan 5 perusahaan swasta mendapatkan penghargaan di ajang penganugerahan The Best GRC & Performance Exellence Award 2021. Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2020 Irnanda Laksanawan menjelaskan ajang ini ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan manajemen kepatuhan.

Kegiatan bertemakan 'Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention' yang dihelat Business News Indonesia ini telah memasuki tahun ketiga. “Tujuan award ini untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” ujar Irnanda ketika memberikan sambutan di acara tersebut yang dilaksanakan secara hybrid, Kamis (5/8) malam.

Perusahaan-perusahaan yang diganjar award dinilai telah mengimplementasikan Governance, Risk and Compliance (GRC) dengan baik sesuai tata nilai dan manajemen risiko yang berlaku secara internasional. Menurut Irnanda, pemenang GRC Award 2021 didasarkan pada penilaian atas jawaban apakah perusahaan memiliki komitmen tinggi dalam mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) atau tidak? 

Lalu bagaimana strategi yang dilakukan oleh para CEO dalam menghadapi krisis ekonomi global dan domestik di masa pandemi Covid-19? Transformasi digital seperti apa yang dijadikan sebagai kunci sukses dalam penerapan GRC di korporasi untuk mendukung kesuksesan? Serta bagaimana tata kelola dan mitigasi risiko yang sudah dilakukan di perusahaan agar menjadi korporasi terpercaya?

“Kalau dari sisi Kementerian BUMN, sudah meluncurkan budaya kerja “Akhlak (Amanah, Kompetensi, Haromins, Loyalitas, Adaptif dan Kolaboratif)” untuk meningkatkan kinerja, daya saing maupun reputasi perusahaan negara maupun instansi pemerintah agar pengelolaan aset negara dapat dioptimalkan, sehingga data memberikan kemanfaatan secara maksimal kepada publik maupun rakyat pada umumnya," ujarnya.

"Ternyata budaya itu diteladani dengan baik oleh perusahaan-perusahaan di bawah naungan BUMN, BUMD, bahkan perusahaan swasta pun mengikuti”, kata dia menambahkan. “Yang dilakukan oleh kementerian BUMN saya kira sangat tepat. Meskipun sebagian besar WFH tapi perusahaan perusahaan beradaptasi secepat mungkin dan tetap memberikan pelayanan yang terbaik."

Chairman Board of Jury Dewi Hanggraeni menjelaskan GRC & Performance Excellence Award 2021 pada tahun kedua pandemi Covid-19 merupakan momen yang tepat untuk recovery and reinvention dalam rangka meningkatkan kinerja perusahaan. Diadakannya acara ini juga untuk memotivasi para pelaku bisnis dalam menyempurnakan praktek GCG, penerapan manajemen risiko, meningkatkan kepatuhan, sekaligus GRC secara keseluruhan.

“Manfaat dari penerapan GRC tidak diragukan lagi, antara lain dapat sebagai dashboard pencapaian tujuan, meningkatkan budaya sadar risiko, meningkatkan confidence level, mengurangi potensi kerugian, lebih efisien, efektif, meningkatkan daya saing, dan mengoptimalkan nilai perusahaan,” ujar Dewi.

BUMN yang mendapatkan award ini untuk kategori The Best GCR Overall for Corporate Governance & PErformance 2021 di antaranya Bank BRI, Pegadaian, Bank Mandiri, dan Petrokimia Gresik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement