Selasa 03 Aug 2021 07:06 WIB

Antam Salurkan Oksigen dan Regulator di Wilayah Operasi

Penyaluran tabung oksigen yang dilakukan Antam dimulai sejak 19 Juli 2021.

Rep: Citra Listyarini/ Red: Nidia Zuraya
Perwakilan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menyerahkan bantuan tabung oksigen.
Foto: Dok Antam
Perwakilan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) menyerahkan bantuan tabung oksigen.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 178 tabung oksigen dan 50 regulator didistribusikan PT Antam Tbk (Antam). Pendistribusian oksigen dan regulator dilakukan sebagai upaya Antam mempercepat penanganan kasus Covid-19 yang mengalami lonjakan beberapa pekan ini, termasuk di sekitar wilayah operasi.

Sekretaris Perusahaan Antam, Yulan Kustiyan menyebut, penyaluran tabung oksigen dan regulator ini merupakan langkah nyata Antam dalam membantu penanganan Covid-19. “Dalam kondisi ini, rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas kesehatan mulai kewalahan menangani pasien akibat kesulitan akses oksigen. Diharapkan dengan pendistribusian tabung oksigen dan regulator di sekitar wilayah operasi perusahaan, dapat membantu pemenuhan kebutuhan oksigen dan regulator bagi pasien yang membutuhkan,” kata Yulan dalam keterangan pers tertulis, Selasa (3/8).

Yulan menyebut, saat ini pendistribusian tabung oksigen dilakukan Antam di beberapa wilayah seperti Kalimantan Barat sebanyak 88 tabung 6m3, Kabupaten Bogor 10 tabung 6m3, Halmahera Timur 10 tabung 6m3. “Kami juga menyalurkan 70 tabung 60m3 serta 50 regulator untuk di wilayah Kolaka dan Konawe Utara, Sulawesi Tenggara,” tambahnya.

Ia melanjutkan, penyaluran tabung oksigen yang dilakukan Antam dimulai sejak 19 Juli 2021, bekerja sama dengan key stakeholder seperti Satgas Covid-19, puskesmas, rumah sakit maupun universitas. “Strategi penyaluran dengan key stakeholder ini dirasa efektif karena dapat mendukung pencapaian tujuan Pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan tabung oksigen,” jelasnya.

 

Sementara itu, saat ini Antam juga sedang menyiapkan 50 tabung oksigen tambahan untuk disalurkan di wilayah Kolaka dan Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. “Kami juga sedang menyiapkan tabung oksigen tambahan di Pomalaa guna memastikan kebutuhan di sana dapat tercukupi,” papar Yulan.

Yulan juga menyampaikan bahwa penyaluran tabung oksigen dan regulator ini merupakan implementasi Pilar Sinergi Unggul yang tercantum dalam Masterplan CSR Antam yang bertujuan untuk mendorong peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. “Kami berkomitmen untuk terus mendukung Pemerintah dan masyarakat dalam percepatan penanganan Pandemi terutama di sekitar wilayah operasi perusahaan,” tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement