Ahad 18 Jul 2021 07:43 WIB

Kemenparekraf Kucurkan Rp 2,4 Triliun Bantu Sektor Wisata

Porsi anggaran bantuan sektor wisata akan disesuaikan dengan kondisi tiap daerah.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nur Aini
Menparekraf Sandiaga Uno
Foto:

Dampak ekonomi pun, kata dia, berlaku kepada pelaku seni dan budaya. Saat ini, Pemprov Jabar masih mendata jumlah pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang akan menerima dana hibah tersebut.

"Terkait dengan pelaku sektor parekraf yang terimbas, ditambah seniman dan budaya. Memang bukan di sektor pariwisata, tetapi mereka juga jadi kekuatan di pariwisata," katanya.

"Kami sedang proses pendataan, berdasarkan data ada ratusan ribu di Jabar dengan situasi sekarang akan bertambah, seiring dengan proses pendataan yang kita lakukan," kata Dedi.

Pendataan pun berlaku bagi program percepatan vaksinasi yang diamanatkan Sandiaga Uno. Hal itu karena, realisasi jangkauan vaksin kepada para pelaku industri parekraf masih rendah. 

"Ya termasuk untuk vaksinasi. Berdasarkan data dari Kemenparekraf, baru 5 persen realisasi vaksin untuk pelaku industri parekraf. Masih rendah. Ini menjadi fokus kami juga," katanya.

Menteri Parekraf Sandiaga Uno sendiri, meninjau vaksinasi di Sesko AU, dari 10 ribu orang, 2.016 orang di antaranya para pelaku Parekraf, PHRI 3.200 orang. Sisanya adalah masyarakat dan anggota yang bertugas di Sesko AU. Acara tersebut merupakan kolaborasi kemenparkraf, Pemprov Jabar dan Pemda KBB dan Sesko AU.

Lokasi lainnya adalah di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Kota Bandung, program vaksinasi di STP menyasar 80 persen dari total penduduk kecamatan Cidadap yang berjumlah 56 ribu jiwa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement