Senin 21 Jun 2021 20:46 WIB

Erick Thohir: Indofarma Siap Produksi Ivermectin Generik

Meski ada obat dan vaksin, masyarakat diharapkan tetap terapkan 3M.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Menteri BUMN Erick Thohir. Erick menyampaikan, Indofarma siap produksi Ivermectin generik.
Foto: Antara/Dhemas Reviyanto
Menteri BUMN Erick Thohir. Erick menyampaikan, Indofarma siap produksi Ivermectin generik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, keyakinannya akan kemampuan PT Indofarma Tbk dalam memproduksi produk generik dari Ivermectin 12 mg secara massal.

Ivermectin merupakan obat minum anti parasit yang secara in vitro memiliki kemampuan anti-virus yang luas dengan cara menghambat replikasi virus SARS-CoV-2. Meski begitu, Erick mengingatkan Ivermectin harus digunakan dengan resep serta pengawasan dokter.

Baca Juga

Hal itu diungkapkan Erick usai meninjau pabrik PT Indofarma Tbk yang berlokasi di Cikarang Barat, Jawa Barat, Senin (21/6).

Saat ini, ucap Erick, Indofarma tengah melakukan banyak inovasi untuk pengembangan bisnis, baik dalam memproduksi obat maupun alat kesehatan yang menjadi lini bisnis perusahaan.

"Di tengah upaya kita memerangi pandemi yang masih tinggi melalui program vaksinasi, baik penyuntikan dan mendatangkan ragam jenis vaksin dari berbagai negara, saya apresiasi kemampuan Indofarma yang sudah mendapat izin edar dari BPOM RI untuk produk generik Ivermectin 12 mg dalam kemasan botol isi 20 tablet," ujar Erick dalam jumpa pers virtual yang didampingi Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto.

Saat ini, lanjut Erick, Ivermectin dalam tahap penelitian di Balitbangkes dan bekerja sama dengan beberapa rumah sakit, termasuk di antaranya Rumah Sakit di bawah Kementerian Pertahanan. Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan Ivermectin dapat digunakan dalam penanganan Covid-19, baik sebagai pencegahan (profilaksis) ataupun pengobatan.

Dengan diperolehnya izin edar BPOM RI bernomor GKL2120943310A1, Indofarma siap memproduksi hingga empat juta tablet Ivermectin 12 mg per bulan. Sebelumnya, Indofarma telah memiliki ragam produk untuk penanggulangan Covid-19.

Untuk kategori obat, Indofarma telah memproduksi dan memperoleh izin edar antara lain Oseltamivir 75 mg kapsul dan Remdesivir 100 mg injeksi dengan merek Desrem. Sedangkan untuk alat kesehatan, Indofarma telah memproduksi dan memperoleh izin edar antara lain Masker medis 3 lapis dan Viral Transport Medium.

Erick melanjutkan, meski usaha pemerintah dan juga perusahaan-perusahaan BUMN sudah maksimal dalam memerangi pandemi ini dengan cara mendatangkan vaksin dan memproduksi obat, peran dan kesadaran tinggi masyarakat memakai masker, menjaga jarak, hindari kerumunan, dan mencuci tangan tetap menjadi kunci utama agar kita bisa selamat dari pandemi yang masih tinggi ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement