Selasa 08 Jun 2021 06:23 WIB

Jeff Bezos akan Terbang ke Luar Angkasa Bulan Depan

Bezos akan bergabung dengan pemenang lelang untuk kursi di penerbangan luar angkasa.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Miliarder Jeff Bezos akan terbang ke luar angkasa dengan roket milik Blue Origin pada Juli 2021.
Foto: Discovery.com
Miliarder Jeff Bezos akan terbang ke luar angkasa dengan roket milik Blue Origin pada Juli 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pendiri Amazon, Jeff Bezos, mengatakan, dia dan saudaranya Mark akan terbang ke luar angkasa pada Juli mendatang. Dia akan melakukan penerbangan luar angkasa berawak pertama dari perusahaan roket miliknya, Blue Origin.

"Sejak saya berusia lima tahun, saya bermimpi bepergian ke luar angkasa. Pada 20 Juli, saya akan melakukan perjalanan itu dengan saudara saya," kata Bezos.

Baca Juga

Bezos akan bergabung dengan pemenang lelang untuk kursi di penerbangan luar angkasa pertama dari Blue Origin. Blue Origin menutup lelang putaran pertama bulan lalu dan mengatakan telah menerima lebih dari 5.200 penawar dari 136 negara.

Tawaran tertinggi saat ini mencapai 2,8 juta dolar AS dalam lelang putaran kedua yang sedang berlangsung. Pesawat ruang angkasa Blue Origin, yang akan membawa Bezos dan beberapa orang lainnya.

Pesawat tersebut telah menjalani 15 penerbangan uji. Selama melakukan uji coba, tidak ada satu pun penumpang yang ikut di dalamnya.

Blue Origin merancang roket dan kapsul New Shepard untuk menerbangkan enam penumpang secara mandiri. Penerbangan akan menempuh jarak lebih dari 62 mil atau 100 kilometer di atas Bumi ke ruang suborbital.

Kapsul New Shepard memiliki enam jendela observasi. Kapsul ini berukuram hampir tiga kali lebih tinggi dari pesawat jet Boeing 747 dan terbesar yang pernah digunakan di luar angkasa. Blue Origin akan menerbangkan pesawat luar angkasa untuk perjalanan tamasya suborbital pertama pada 20 Juli. Ini adalah momen penting untuk menyongsong era baru perjalanan ruang angkasa komersial.

Blue Origin akan membandrol harga tiket penumpang untuk perjalanan ke luar angkasa 200 ribu dolar AS. Perusahaan asuransi global masih dalam tahap awal untuk menentukan liabilitas dalam perjalanan ruang angkasa. Sementara perusahaan asuransi jiwa tidak memasukkan wisata luar angkasa dalam cakupan mereka.

"Anda akan menandatangani pelepasan tanggung jawab ini dan asalkan tidak ada kelalaian besar atau kesalahan yang disengaja, jika Anda tidak selamat, sayangnya, mungkin tidak ada pemulihan finansial," kata Richard Parker dari Assure Space, unit asuransi AmTrust Financial.

Bezos dan dua miliarder lainnya yaitu Elon Musk dan Richard Branson telah menginvestasikan miliaran dolar AS untuk peluncuran penerbangan luar angkasa berawak. Bezos akan menjadi yang pertama untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan roket yang dikembangkan oleh perusahaannya sendiri.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement