Rabu 28 Apr 2021 08:12 WIB

Penjualan Global Starbucks Meleset dari Perkiraan

Pembatasan sosial akibat Covid-19 berdampak pada penjualan Starbucks global.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Gerai Starbucks.
Foto: Instagram @strabucksindonesia
Gerai Starbucks.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Pertumbuhan global Starbucks Corp jauh dari ekspektasi, membayangi hasil AS yang kuat dan prospek penjualan yang lebih baik untuk setahun penuh. Keuntungan di semua wilayah diharapkan terjadi pada kuartal kedua setelah kelemahan tahun lalu di tengah pembatasan sosial dan penyebaran Covid-19.

Namun,  peningkatan penjualan toko yang sama di level global sebesar 15 persen atau lebih rendah dari perkiraan 17 persen yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Itu mencerminkan kantong kelemahan dalam pemulihan global, bahkan ketika rebound terlihat jelas untuk pasar perdagangan China dan AS.

Baca Juga

Di Amerika dan beberapa pasar internasional lainnya, yang keduanya juga membukukan penjualan di toko yang sama dan meleset dari perkiraan, Starbucks mengatakan, penjualan produk yang lebih rendah dan pendapatan royalti dari pemegang lisensi membatasi keuntungan.

Pasar besar seperti Brasil, Meksiko, dan India telah berjuang untuk menahan pandemi dalam beberapa bulan terakhir. Di Eropa, pembatasan operasional merugikan hasil, kata analis Bloomberg Intelligence, Mike Halen.“Banyak negara yang benar-benar terkunci, restoran tutup,” katanya.

Di AS, penjualan toko yang sama naik 9 persen, mengalahkan perkiraan 7,5 persen. Ukuran itu naik 91 persen di China, sebuah kecepatan yang sangat tinggi yang mencerminkan penutupan akibat Covid-19 yang meluas tahun sebelumnya. Meski begitu, pertumbuhan ini di bawah perkiraan sebesar 97 persen.

Hasil di AS, yang bersama dengan China merupakan pasar terpenting perusahaan, menunjukkan kinerja kembali normal di sana karena vaksinasi meningkat, meskipun pemulihan global tidak merata. Perusahaan yang berbasis di Seattle itu juga kemungkinan melihat dorongan dari pemeriksaan stimulus di AS dan pelonggaran pembatasan ruang makan.

Perusahaan memperbarui proyeksi untuk tahun fiskal penuh perusahaan, dengan penjualan sekarang terlihat pada 28,5 miliar dolar AS menjadi 29,3 miliar dolar AS, dibandingkan panduan sebelumnya dari 28 miliar dolar AS menjadi 29 miliar dolar AS. Starbucks juga meningkatkan margin operasi yang diharapkan.

Sama seperti kuartal sebelumnya, perusahaan melaporkan penurunan jumlah transaksi, tetapi harga tiket lebih tinggi. Ini berarti, pelanggan pergi ke Starbucks lebih sedikit, tetapi membelanjakan uang lebih banyak ketika mereka melakukannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement