Rabu 10 Mar 2021 18:15 WIB

Pertamina Mulai Uji Coba Kapal Tanker

Sea trial merupakan tahap uji coba kapal guna memastikan performa kapal

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda
PT Pertamina International Shipping (PIS) mulai 8 Maret siap melakukan uji coba kapal tanker raksasa keduanya yang bertajuk PERTAMINA PRIME.
Foto:

Seperti halnya VLCC PERTAMINA PRIDE, kapal kedua ini pun memiliki kapasitas 2 juta barel yang merupakan single screw driven single deck type crude oil tanker dengan panjang keseluruhan (LOA) 330 meter dan draft 21,5 meter. Di mana, kapal ini dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan feedstock kilang yang dijalankan oleh Subholding Refinery & Petrochemical Pertamina.

Berbagai keunggulan dimiliki oleh kedua kapal milik Pertamina International Shipping (PIS) diantaranya adalah menggunakan teknologi Super Stream Duct ® pada desain kapal sehingga membuat performa VLCC PERTAMINA PRIME memiliki kecepatan trial sebesar 16.9 knot. Selain itu, kapal VLCC mutakhir ini juga telah memenuhi requirement terminal modern di dunia dan regulasi internasional yaitu IMO Annex VI Tier III yang berguna untuk pembatasan emisi gas buang Sulphur Oxide (SOx) dan Nitrogen Oxide (NOx).

Serah terima kapal "PERTAMINA PRIME" akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2021 di Galangan JMU Ariake, Jepang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement