Sabtu 20 Feb 2021 09:16 WIB

Kemenparekraf Gandeng AirBnB Promosikan Pariwisata Nusantara

AirBnB berpotensi memberi penghasilan tambahan bagi masyarakat.

Rep: Rizkyan Adiyuhda/ Red: Fuji Pratiwi
Ikon aplikasi AirBnB (ilustrasi). Kemenparekraf menggandeng AirBnB untuk membantu mempromosikan pariwisata nusantara.
Foto: EPA-EFE/MATTIA SEDDA
Ikon aplikasi AirBnB (ilustrasi). Kemenparekraf menggandeng AirBnB untuk membantu mempromosikan pariwisata nusantara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menggandeng startup marketplace guna mempromosikan pariwisata Indonesia. Dia berharap langkah itu dapat kembali menggeliatkan dunia pariwisata nusantara.

Baca Juga

Kemenparekraf menggandeng AirBnB guna menghidupkan kembali pariwisata. Sandiaga mengatakan, AirBnB memberikan kesempatan bagi warga yang ingin menyewa ataupun menjajakan kamar hingga rumah bagi wisatawan.

"Dengan menerapkan protokol kesehatan di semua penginapan, kami optimistis pariwisata akan meningkat dan usaha usaha penginapan ini kembali menggeliat," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis, Jumat (19/2).

Sandiaga mengatakan, warga yang menyewakan kamar ataupun rumah melalui AirBnB berpotensi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Di sisi lain, aplikasi itu memberikan para wisatawan alternatif untuk mendapatkan pengalaman bersama masyarakat lokal dan akomodasi dengan harga yang terjangkau.

Sandiaga mengungkapkan, AirBnB memberikan kontribusi ekonomi lebih dari 1,1 miliar dolar AS di Indonesia. AirBnB juga telah membuka 137 ribu lapangan kerja dengan total 73 ribu usaha yang mendaftarkan penginapannya di platform tersebut.

"Kami harap AirBnB dapat ikut berperan mempromosikan destinasi-destinasi wisata di Indonesia," kata Sandiaga.

Secara khusus, Sandiaga mengatakan, kerja jarak jauh tengah menjadi tren di kalangan milenial. mereka dapat menjadi digital nomad. Sehingga semua pihak dapat menangkap peluang tersebut sekaligus mempromosikan pariwisata nasional.

"Kita bisa saling mendukung satu sama lain mencapai target yang lebih baik dan berkelanjutan," kata Sandiaga.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement