Senin 15 Feb 2021 20:26 WIB

PLN NTT Pasok Listrik Tingkatkan Produksi Petani Buah

Layanan electrifying agriculture ini berupa penggunaan listrik untuk penyinaran

Jaringan listrik PLN (ilustrasi).
Foto: infokorupsi.com
Jaringan listrik PLN (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG -- PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur menyediakan layanan listrik melalui program listrik untuk pertanian (electrifying agriculture) guna meningkatkan produksi petani buah di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara, Pulau Timor.

"Layanan electrifying agriculture ini berupa penggunaan listrik untuk penyinaran yang bertujuan menginduksi pembungaan buah tanaman di luar musimnya," kata Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan Kefamenanu I Ketut Artha Yasa dalam keterangan yang diterima di Kupang, Senin (15/2).

Baca Juga

Layanan listrik ini telah disosialisasikan sekaligus disediakan untuk petani buah naga di Desa Nunmafo, Kecamatan Insana, Kabupaten Timor Tengah Utara. Artha Yasa menjelaskan dengan layanan ini para petani buah naga di Desa Nunmafo akan lebih produktif karena bisa memanen buah sepanjang tahun dari sebelumnya hanya dipanen selama dua hingga tiga kali dalam setahun.

"Jadi buah naga bisa dipanen sepanjang tahun dengan keuntungan yang berlipat dengan adanya penambahan layout pemasangan lampu pada kebun buah naga," katanya.

Dengan demikian hasil produksi buah naga di Desa Nunmafo bisa berpotensi untuk diekspor ke negara tetangga yaitu Timor Leste yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Timor Tengah Utara.

Arta Yasa menambahkan program electrifying agriculture merupakan bagian dari semangat transformasi PLN khususnya pilar fokus pelayanan konsumen dan infovasi dalam meningkatkan pelayanan listrik yang lebih mudah, terjangkau, dan andal. Layanan ini tidak hanya disediakan untuk sektor pertanian namun juga sektor perikanan, perkebunan dan peternakan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement