Selasa 09 Feb 2021 16:15 WIB

Pandemi, 3.000 UMKM Daftar Jadi Mitra Gojek dalam Sehari

Sebanyak 92 persen UMKM lebih cepat beradaptasi pada masa pandemi dengan gabung Gojek

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Gita Amanda
Ilustrasi aplikai Gojek
Foto: gojek.com
Ilustrasi aplikai Gojek

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sepanjang 2020, Gojek telah meluncurkan serangkaian solusi digital yang memudahkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bermigrasi ke bisnis online. Melalui inisiatif #MelajuBersamaGojek, ratusan ribu UMKM semakin memahami pentingnya teknologi digital dalam bisnis dan sukses bertahan di masa pandemi.

Rangkaian solusi itu dihadirkan demi menjawab semua kebutuhan UMKM dari hulu ke hilir. Dari memudahkan UMKM mendaftar di GoFood lewat GoBiz, membantu efisiensi online seller lewat aplikasi Selly, hingga menyediakan lebih dari 20 opsi pembayaran nontunai di Midtrans.

Beragam solusi tersebut mendapat sambutan positif dari para pelaku UMKM. Sebanyak 92 persen UMKM merasa lebih cepat beradaptasi pada masa pandemi dengan bergabung di Gojek.

Head of Merchant Platform Business Gojek Novi Tandjung mengatakan, pandemi Covid-19 telah menyadarkan semua orang, termasuk pelaku UMKM tentang pentingnya membuka usaha di platform digital. "Hal ini terlihat dalam satu hari, hingga 3.000 UMKM mendaftar jadi merchant Gojek. Meski begitu, masih banyak pengusaha pemula yang membutuhkan dukungan agar terus meningkatkan usahanya," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Selasa (9/2).

 

Gojek pun membagikan sejumlah temuan, berdasarkan data internal pada 2020 yang diprediksi akan tetap menjadi tren usaha bagi UMKM pada 2021. Beberapa di antaranya yakni tren usaha kuliner rumahan meningkat.

"Data Gojek menemukan, usaha rumahan menjadi tren selama masa pandemi. Melalui bisnis kuliner sebagai jenis usaha rumahan yang paling banyak dijalani. Dari banyaknya usaha kuliner, mi pedas, minuman mix susu segar, dimsum udang rambutan menjadi beberapa menu yang paling dicari pelanggan GoFood selama tahun 2020," ujar Novi.

GoFood juga memprediksi, dessert box dan rice bowl akan menjadi kuliner terfavorit pada 2021. Hal itu berdasarkan meningkatnya jumlah pencarian menu tersebut di GoFood yang meningkat menjelang akhir tahun lalu.

Tren kedua yakni diskon dan pemasaran lewat media sosial jadi jurus jitu gaet pelanggan baru. "Strategi ini juga kerap diikuti dengan pemasaran di kanal media sosial demi memperluas jangkauan. Sebanyak 42 persen pemilik usaha meningkatkan promosinya di media sosial. Maka Gojek juga sudah menyiapkan GoStore, yaitu sebuah fitur yang memudahkan pelaku usaha membuka toko online pribadi yang terintegrasi dengan media sosial," jelas dia.

Tren ketiga yakni pilihan pembayaran nontunai semakin berkembang. Sebab, pandemi Covid-19 memaksa masyarakat mengurangi kontak fisik, sehingga telah mendorong pergeseran gaya hidup konsumen menjadi serba cashless.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement