Kamis 21 Jan 2021 11:05 WIB

Kementan: Harga Daging Sapi di Produsen Cenderung Stabil

Kementan memastikan saat ini pasokan daging milik para importir masih memadai.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Peternakan sapi potong. ilustrasi
Foto:

Inti pun mengatakan, belum menemukan pangkal masalah dari harga daging sapi yang membuat adanya aksi mogok berjualan oleh para pedagang. Kendati demikian, menurut Inti, BKP Kementan siap memfasilitasi operasi pasar daging sapi beku dari para importir untuk stabilisasi harga jika diperlukan.

Menurut dia, saat ini pasokan daging milik para importir masih memadai sehingga siap digunakan untuk upaya stabilisasi harga. "Sepertinya importir daging juga tenang-tenang saja, kami berhubungan dengan importir daging ya tinggal dikeluarkan saja dari masing-masing cold storage," katanya.

Mengutip statistik Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), rata-rata harga nasional untuk daging sapi kualitas I di tingkat konsumen per 20 Januari 2021 sebesar Rp 123.150 per kg. Harga tersebut turun 0,16 persen dari hari sebelumnya.

Adapun untuk daging sapi kualitas II dihargai Rp 112.950 per kg, turun 0,09 persen dari hari sebelumnya. Khusus di DKI Jakarta, daging sapi kualitas I dihargai Rp 123.850 per kg atau stabil dari hari sebelumnya. Begitu pula untuk daging sapi kualitas II yang juga stabil pada level Rp 122.500 per kg.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement