Rabu 20 Jan 2021 08:35 WIB

Chevron Bangun Jaringan Pipa Gas Israel-Mesir

Chevron akan membangun jaringan pipa antara kota-kota pesisir Israel dekat Jalur Gaza

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Nidia Zuraya
Chevron Corporation bersama sejumlah perusahaan meneken investasi untuk pengembangan gas alam di ladang Israel.
Foto:

Chevron telah meningkatkan investasi gas di Mediterania timur dalam dekade terakhir. Perusahaan energi yang berbasis di San Ramon, Kalifornia ini telah mengakuisisi Noble Energy Inc seharga sekitar 5 miliar dolar AS tahun lalu. Sebagian besar untuk mengambil alih kepentingannya di Leviathan, ladang terbesar di Israel, dan Tamar, yang terbesar kedua.

Mesir berencana mengekspor gas yang dibelinya dari Israel, serta dari ladang Zohr raksasanya sendiri, ke Eropa. Ini akan mengirim bahan bakar dalam bentuk super dingin, yang dikenal sebagai gas alam cair.

Mitra Chevron di Israel sebelumnya setuju untuk mengekspor 44 miliar meter kubik gas ke negara Arab selama delapan tahun, dengan aliran akan dimulai antara Juli 2022 hingga April 2023. “Fakta bahwa kami membayar sebagian besar biaya yang terlibat dalam pembangunan pipa baru mencerminkan keamanan dan kepercayaan yang kami miliki untuk terus meningkatkan ekspor ke negara-negara kawasan,” kata Chief Executive Officer Delek Yossi Abu dalam pernyataannya.

Chevron adalah operator di kedua ladang tersebut, dan memegang 39,7 persen saham di Leviathan dan 32,5 persen di Tamar. Delek memiliki 45,3 persen di Leviathan dan 22 persen di Tamar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement