Rabu 20 Jan 2021 07:42 WIB

Harga Minyak Dunia Naik Jelang Pelantikan Joe Biden

OPEC sangat optimis pasar minyak dunia akan pulih tahun ini.

Harga minyak dunia (ilustrasi).
Foto:

Minyak juga mendapatkan beberapa dukungan dari dolar AS yang lebih lemah, ketika indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama lainnya, turun 0,26 persen menjadi 90,5100 pada akhir perdagangan Selasa (19/1). Secara historis, harga minyak berbanding terbalik dengan harga dolar AS.

Investor juga optimis dengan permintaan di China, importir minyak mentah utama dunia, setelah data menunjukkan produksi kilang-kilang meningkat tiga persen ke rekor tertinggi pada tahun lalu.

Sementara itu, Halliburton Co memprediksi pemulihan dalam industri minyak dan gas global dari kuartal kedua setelah penyedia jasa-jasa ladang minyak tersebut mengalahkan perkiraan laba, karena pemotongan biaya dan kenaikan moderat dalam aktivitas menyusul penurunan tahun lalu.

Sekretaris jenderal OPEC mengatakan sangat optimis pasar minyak akan pulih tahun ini dari penurunan permintaan yang disebabkan oleh pandemi virus corona.

Harga minyak mentah naik meskipun Badan Energi Internasional (IEA) memangkas prospek permintaan minyak pada 2021 tetapi menunjukkan pemulihan pada paruh kedua tahun ini menjadi rata-rata tahunan 96,6 juta barel per hari.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement