Ahad 17 Jan 2021 18:59 WIB

Uni Eropa Ingin Akhiri Konflik dengan AS Terkait Subsidi

Uni Eropa dan AS berselisih mengenai bantuan subsidi ke Airbus dan Boeing.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
 Dalam file foto yang diambil pada 29 Mei 2013 ini, sederet jet Boeing 787 duduk di lantai hampir selesai di pabrik produksi perusahaan di Everett, Wash. Uni Eropa ingin mengakhiri Konflik dengan AS terkait bantuan subsidi yang diberikan ke Airbus dan Boeing.
Foto:

Kesepakatan bantuan subsidi untuk industri pesawat terbang ini mulai berlaku pada 20 Januari mendatang. Ini merupakan salah satu tujuan utama Uni Eropa untuk meningkatkan hubungan perdagangan transatlantik yang rusak selama masa pemerintahan Donald Trump.

Weyand mengatakan UE hampir mencapai kesepakatan dengan pemerintahan Trump akhir tahun lalu sampai kantor Perwakilan Dagang AS memutuskan pada 30 Desember untuk menerapkan bea masuk sebesar 15 persen dan sebesar 25 persen dalam kasus susbidi Airbus ke lebih banyak produk Eropa.

Kantor Perwakilan Dagang Amerika Serikat (USTR) mengatakan langkah itu dibenarkan karena Uni Eropa memberlakukan pungutan serupa atas subsidi Boeing. "Kami benar-benar mengira kami sedang menuju setidaknya penyelesaian sebagian konflik perdagangan yang masih di bawah pemerintahan Trump," kata Weyand.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement