Rabu 06 Jan 2021 09:29 WIB

Bos Air Kemasan China Kini Lebih Kaya dari Warren Buffet

Bos air minum kemasan China ini menjadi orang terkaya keenam di dunia.

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Nidia Zuraya
Warren Buffet. Pengusaha asal China Zhong Shanshan berhasil menggeser posisi Warren Buffet sebagai orang terkaya keenam di dunia.
Foto:

Zhong juga diketahui telah membantu empat kerabatnya menjadi miliarder. Adik perempuannya, Zhong Xiaoxiao, dan tiga saudara istrinya masing-masing memiliki 1,4 persen saham di Nongfu senilai 1,3 miliar dolar AS, berdasarkan kepemilikan yang tercantum dalam prospektus perusahaan dari tahun lalu.

Perusahaan tersebut telah menghasilkan lusinan jutawan, termasuk dari kerabat dan karyawan Zhong.

Meski pandemi telah menekan laju pertumbuhan ekonomi global, tahun lalu merupakan momentum yang baik bagi orang-orang super kaya di dunia. Sebanyak 500 orang terkaya menambahkan 1,8 triliun dolar AS ke kekayaan mereka dan memiliki nilai gabungan 7,6 triliun dolar AS pada akhir tahun.

Zhong, pemenang terbesar dari Asia, mengumpulkan lebih dari 71 miliar dolar AS. Nilai itu terbesar setelah Elon Musk dari Tesla Inc dan Jeff Bezos dari Amazon.com Inc.

Satu pengecualian penting adalah Jack Ma, yang sempat menjadi orang terkaya di Asia. Ia tidak terlihat di depan umum sejak regulator China menahan penawaran umum perdana Ant Group Co senilai 35 juta dolar AS. Kekayaan bersihnya turun sekitar 10 miliar dolar AS sejak Oktober dan kini ia merupakan orang terkaya ke-25 di dunia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement