Kamis 24 Dec 2020 19:38 WIB

eFishery Salurkan Pinjaman Rp50 M, Bantu Petani

Kisah Startup: eFishery Salurkan Pinjaman Rp50 M, Bantu Petani Hadapi COVID-19

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Kisah Startup: eFishery Salurkan Pinjaman Rp50 M, Bantu Petani Hadapi COVID-19. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)

"Penyediaan pakan yang didukung oleh eFisheryFeed ini telah bekerja sama dengan berbagai brand pakan, sehingga pembudidaya memiliki lebih banyak pilihan. Lebih dari 3.000 ton pakan ikan dari berbagai merek telah didistribusikan melalui layanan ini," jelasnya.

Selain itu, sepanjang 2020, eFisheryFund telah menjalin kerja sama dengan institusi keuangan, seperti BRI, Alami Sharia, dan Investree. Hingga saat ini, lebih dari 800 pembudidaya telah didukung oleh eFisheryFund dengan total pinjaman yang disetujui mencapai lebih dari Rp50 miliar. 

Pandemi COVID-19 secara signifikan membuat perekonomian Indonesia mengalami pukulan dan mengguncang sektor UMKM, termasuk sektor perikanan budidaya. 

Di awal pandemi, permintaan ikan mengalami penurunan hingga 20 persen. Hal ini, akibat beberapa hal, yaitu permintaan pasar yang turun, pasar horeka (hotel, restoran, dan kafe) yang masih lesu, dan akses untuk berpindah ke pasar online yang belum maksimal.

"Melalui eFisheryFresh, ikan yang ditarik dari pembudidaya kemudian disalurkan ke berbagai chanel dengan jalur B2B. Selama tahun 2020 ini, lebih dari 1.000 ton ikan telah ditarik dari puluhan kelompok tani dari berbagai daerah di Indonesia," ujarnya.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement