Senin 21 Dec 2020 21:34 WIB

Tanam Mangrove, Pertamina EP Asset 3 Ajak Pegiat Lingkungan

Pertamina EP Asset 3 disebut sudah penghijauan pesisir sejak beberapa tahun lalu.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Fuji Pratiwi
Petugas menunjukkan bibit mangrove yang akan ditanam (ilustrasi). Pertamina EP Asset 3 kembali menghijaukan pesisir Indramayu, Jawa Barat melalui penanaman mangrove.
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Petugas menunjukkan bibit mangrove yang akan ditanam (ilustrasi). Pertamina EP Asset 3 kembali menghijaukan pesisir Indramayu, Jawa Barat melalui penanaman mangrove.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pertamina EP Asset 3 kembali menghijaukan pesisir Indramayu, Jawa Barat melalui penanaman mangrove di desa/kecamatan Balongan pada Senin (21/12). Penanaman termasuk penyiapan bibit dan penyiapan lahan juga melibatkan penggiat lingkungan Kelompok Tani Hutan Payau Sigra Mangso.

Ketua Kelompok Tani Hutan Payau Sigra Mangso, Moekhtar, mengatakan, Pertamina EP Asset 3 sudah mulai menginisiasi penghijauan di pesisir sejak beberapa tahun lalu secara konsisten. Tahun lalu, penghijauan di area pantai MGS Balongan juga menanam cemara laut dan mangrove jenis bakau.

Baca Juga

"Lebih dari 60 persen bibit yang ditanam tahun lalu kini telah tumbuh dengan baik," kata Moekhtar.

Sementara itu, komitmen Pertamina EP Asset 3 dalam kepeduliannya terhadap lingkungan telah mendapat apresiasi dari KLHK melalui penghargaan Proper Emas 2020. Penghargaan itu diberikan kepada dua lapangan di Asset 3, yakni lapangan Subang dan Tambun.

 

Kegiatan penghijauan khususnya di sekitar pesisir pantai selama ini memang telah dilaksanakan Pertamina EP Asset 3 di hampir semua wilayah kerjanya dati Subang sampai dengan Indramayu.

Penghijauan pesisir pantai Baongan juga diikuti dengan kegiatan bersih-bersih pantai. Fungsi OGT PEP Asset 3 pun secara rutin melaksanakan kegiatan itu hampir setiap pekan karena sampah buangan dari laut saat pasang kerap mengotori pantai muara kanal MGS Balongan. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement