Senin 21 Dec 2020 21:32 WIB

Pertamina EP Asset 3 Hijaukan Pesisir Indramayu

Penghijauan sejalan dengan komitmen Pertamina EP untuk tumbuh bersama lingkungan.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Fuji Pratiwi
Petugas menunjukkan bibit mangrove yang akan ditanam (ilustrasi). Pertamina EP Asset 3 kembali menghijaukan pesisir Indramayu, Jawa Barat melalui penanaman mangrove.
Foto: Antara/Oky Lukmansyah
Petugas menunjukkan bibit mangrove yang akan ditanam (ilustrasi). Pertamina EP Asset 3 kembali menghijaukan pesisir Indramayu, Jawa Barat melalui penanaman mangrove.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pertamina EP Asset 3 kembali menghijaukan pesisir Indramayu, Jawa Barat melalui penanaman mangrove. Kali ini, kegiatan penghijauan dilaksanakan di pantai muara kanal Main Gathering Station (MGS) fungsi Oil & Gas Transportation Pertamina EP Asset 3 (PEP Asset 3) di Desa/Kecamatan Balongan, Senin (21/12).

Penanaman mangrove itu dipimpin langsung oleh Asset 3 General Manager Pertamina EP, Wisnu Hindadari. Kegiatan tersebut juga diikuti terbatas oleh 25 pekerja dan mitra kerja sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan.

Baca Juga

"Ada 750 batang tanaman yang kami tanam di sini," ujar Wisnu.

Dari 750 batang tanaman, sebanyak 400 batang merupakan cemara laut, 300 batang mangrove Apiculata, dan 50 bibit kelapa. Penanaman termasuk penyiapan bibit dan penyiapan lahan juga melibatkan penggiat lingkungan Kelompok Tani Hutan Payau Sigra Mangso.

 

Cemara laut sengaja dipilih karena merupakan jenis tanaman khas pantai yang potensial untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah (RLKT) pantai berpasir. Jenis itu juga mampu menahan angin laut dan uap air laut yang mengandung garam, sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan.

Wisnu mengungkapkan, kegiatan penghijauan itu sejalan dengan komitmen Pertamina EP untuk selalu tumbuh bersama lingkungan sekitarnya.

Wisnu mengungkapkan, kegiatan penghijauan yang dilakukan di Pantai MGS Balongan tersebut menjadi upaya Pertamina EP Asset 3 dalam menjaga lingkungan pesisir pantai.

Tak hanya menanam, Pertamina EP Asset 3 juga berupaya merawat tanaman mangrove yang telah ditanam tersebut. Untuk itu, Pertamina EP Asset 3 bekerja sama dengan masyarakat untuk merawat agar tanaman mangrove yang telah ditanam bisa hidup

"Menanam pohon ibarat menabung amal ibadah. Bila dilakukan dengan tekun hingga tanaman tumbuh subur dan memberi manfaat bagi lingkungan sekitar dan makhluk hidup, maka amal kita tidak akan putus," kata Wisnu.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement