Ahad 20 Dec 2020 10:24 WIB

Anugerah Syariah Republika 2020 Digelar di Tengah Pandemi

Ada 20 penghargaan diberikan pada Anugerah Syariah Republika (ASR) 2020 ini

Anugerah Syariah Republika 2019
Foto: Republika
Anugerah Syariah Republika 2019

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika kembali menggelar acara Anugerah Syariah Republika (ASR) 2020 dengan tema "Akselerasi Ekonomi Syariah yang Berdaya Tahan". Even penghargaan tertinggi untuk pelaku industri keuangan syariah di Indonesia ini akan dihelat pada Senin, 21 Desember 2020. 

Ketua Panitia ASR 2020 Nurhasan Murtiaji mengatakan ada 20 penghargaan yang akan diberikan dari berbagai kategori. Kategori ASR 2020 meliputi bank syariah bank umum kegiatan usaha (BUKU) 1, 2, dan 3. 

Kategori lainnya untuk bank pembangunan daerah (BPD), industri asuransi, teknologi finansial, lembaga filantropi, kepala daerah pendukung industri syariah dan halal, dan tokoh ekonomi syariah.

"Untuk kategori tujuan wisata halal terfavorit kita tiadakan untuk tahun ini, demi menghormati upaya segenap bangsa mengatasi pandemi corona," kata Hasan dalam penjelasan pers, Ahad (20/12).

Penilaian didasarkan pada perhitungan kuantitatif dan kualitatif. Untuk kuantitatif, kata Hasan, mencakup kinerja industri keuangan dari sisi pendapatan, operasional, kecukupan modal, profit, pembiayaan, pembiayaan bermasalah, digitalisasi, hingga rasio pembiayaan.

Sisi kualitatif mencakup terobosan, inovasi, hingga gerakan-gerakan literasi dan edukasi yang dilakukan industri keuangan syariah. "Banyak bank syariah, misalnya, melakukan inovasi bagus pada digitalnya," kata Hasan.

ASR 2020 ini dilaksanakan di tengah situasi pandemi covid-19 yang berdampak besar terhadap isu kesehatan dan ekonomi. Namun demikian, kinerja industri keuangan syariah menunjukkan catatan yang masih bagus dan mengesankan.

Acara ASR 2020 ini, jelas Hasan, akan digelar virtual yang bisa disaksikan secara langsung di kanal republika.co.id/facebook dan Youtube. Acara dimulai pukul 14.00 WIB.

Hasan mengatakan ASR merupakan bentuk kepedulian dan komitmen besar Grup Republika untuk ikut memajukan industri keuangan syariah di Indonesia. Selama ini Republika dalam berbagai platformnya telah ikut memberikan edukasi, menyampaikan informasi, hingga menyuburkan wacana terkait ekonomi dan industri syariah.  

Pemimpin Redaksi Republika Irfan Junaedi mengatakan ASR merupakan komitmen dan upaya Republika untuk aktif ikut memajukan industri keuangan syariah. ASR diharapkan bisa memacu industri syariah untuk terus berinovasi, memberikan pelayanan lebih luas, dan semakin besar.

"Industri syariah telah berkembang dengan baik dan kita berharap Indonesia akan menjadi pusat kegiatan ekonomi syariah global," kata Irfan.

BACA JUGA: Anugerah Syariah Republika Pacu Perbankan Syariah Berinovasi

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement