Senin 11 May 2020 09:43 WIB

Terpaaan Pandemi Covid-19 di Penjualan Smartphone

Pasar smartphone global menurun 13 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pedagang smartphone menunggu lapaknya di Jakarta, Indonesia. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan penjualan smartphone di skala global.
Foto: EPA
Pedagang smartphone menunggu lapaknya di Jakarta, Indonesia. Pandemi Covid-19 telah menyebabkan penurunan penjualan smartphone di skala global.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Antara

Dampak pandemi corona (Covid-19) telah menghantam pasar smartphone dunia. Pada kuartal pertama tahun ini penjualan ponsel cerdas berada di bawah 300 juta unit, untuk pertama kalinya sejak 2014.

Baca Juga

Pasar smartphone global kuartal pertama 2020 turun 13 persen dari tahun ke tahun, menurut perusahaan pemantau pasar Counterpoint. Sementara pandemi Covid-19 telah mengganggu tanda-tanda pemulihan yang ditunjukkan pada kuartal empat 2019.

Pasar smartphone kuartal pertama 2020 hanya mencapai 295 juta unit. Tahun lalu pada periode sama penjualan smartphone mencapai 341 juta unit.

Penurunan kuartal pertama terutama didorong oleh penurunan pengiriman 27 persen YoY di China, pusat awal pandemi. Beberapa penurunan diimbangi oleh pengalihan penjualan ke saluran daring.

Secara keseluruhan, pangsa pasar China di pasar ponsel pintar global, pada Q1 2020 berkurang menjadi 22 persen dari 26 persen tahun lalu. Gangguan di China juga berdampak pada sisi penawaran handset dan komponen untuk beberapa OEM (original equipment manufacturer), yang pada gilirannya, memengaruhi pengiriman global.

Pada akhir kuartal, ketika Covid-19 mulai menyebar ke kawasan lain, dan karantina wilayah diberlakukan, pendulum gangguan mulai berayun dari pasokan ke permintaan. “Dari sudut pandang konsumen, kecuali mengganti ponsel yang rusak, smartphone sebagian besar merupakan pembelian diskresioner."

"Konsumen, di bawah masa yang tidak pasti ini, kemungkinan akan menahan melakukan banyak pembelian diskresioner yang signifikan. Ini berarti siklus penggantian cenderung menjadi lebih lama," kata Tarun Pathak, Associate Director di Counterpoint Research, dikutip Senin (11/5).

Efek pandemi yang berkelanjutan di pasar ponsel cerdas kemungkinan akan lebih buruk di kuartal kedua. Pasar China sedang pulih, sementara banyak pasar utama lainnya sedang terkunci. Tergantung pada tingkat keparahan pandemi, pemulihan di beberapa pasar ini juga bisa memakan waktu lebih lama.

Ke depan, merek dengan pangsa lebih besar di China, seperti Huawei, berada dalam posisi yang lebih baik daripada merek seperti Samsung, yang hampir semua pasar utamanya tetap terkunci.

Pada Q1 2020, OEM dengan komponen dan pabrik di daerah yang paling terpukul di China terdampak paling besar, misalnya Lenovo. Pada kuartal kedua, tren akan berbalik, karena manufaktur China pulih, tetapi banyak pusat manufaktur lainnya ditutup.

Dari sisi saluran penjualan, merek-merek dengan kehadiran online yang lebih tinggi cenderung tetap lebih kebal daripada yang offline. Beberapa permintaan offline dialihkan ke online.

Segmen premium paling tidak mungkin terkena dampak langsung dari krisis ekonomi. Karena konsumen akan menyesuaikan diri dengan standar normal baru, penjualan di segmen tersebut cenderung meningkat.

Samsung memimpin pasar ponsel cerdas selama kuartal ini dengan menangkap seperlima dari pengiriman ponsel pintar global. Huawei melanjutkan dorongannya di China dan melampaui Apple lagi selama kuartal tersebut. Lebih dari setengah pengiriman smartphone untuk Huawei sekarang ada di China.

Apple tetap tangguh bahkan selama Covid-19 karena pengiriman Iphone menurun hanya 5 persen YoY selama kuartal tersebut. Pendapatan Iphone turun 7 persen YoY untuk periode yang sama. Dampaknya pada beberapa negara Eropa dan Asia adalah ringan.

Xiaomi tumbuh 7 persen YoY selama kuartal tersebut. Merek ini terus memimpin pasar ponsel pintar India mencapai pangsa pasar tertinggi (30%) sejak Q1 2018.

Dibandingkan dengan OEM besar lainnya, Vivo menurun lebih sedikit (10% YoY) selama kuartal tersebut. Kinerja yang kuat di pasar smartphone India sebagian mengimbangi penurunan di pasar lain.

Bukan hanya penjualan smartphone yang menurun. Samsung Electronics melaporkan pendapatan kuartal pertamanya 2020 turun 7,6 persen dibanding periode sama tahun lalu menjadi hanya 55,33 triliun won.

Melemahnya bisnis panel layar dan elektronik konsumen serta dampak pandemi virus corona (telah mendorong performa bisnis Samsung Januari-Maret 2020 juga melemah. Laba operasional Samsung lebih rendah sebesar 0,7 triliun won kuartal-ke-kuartal menjadi 6,45 triliun won, dipengaruhi oleh faktor-faktor yang sama yang membebani pendapatan dengan penurunan margin operasi, meskipun pendapatan memori lebih tinggi.

Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, laba operasi meningkat sebesar 0,2 triliun won dengan peningkatan bauran produk dalam bisnis seluler dan diversifikasi tambahan basis pelanggan di layar OLED seluler, kata Samsung dalam laporannya, dikutip Senin.

Pada kuartal tersebut, pergerakan mata uang asing tidak banyak berdampak pada keseluruhan laba operasi karena efek positif dari dolar dan euro AS yang lebih kuat terhadap won. Faktor tersebut terutama dirasakan dalam bisnis komponen, diimbangi oleh pelemahan mata uang di pasar berkembang utama.

Penghasilan dari bisnis memori membaik karena permintaan solid terutama dari server dan PC, sementara permintaan dari ponsel tetap stabil.

Keuntungan dari bisnis chip naik karena pasokan komponen seluler meningkat ke pelanggan utama dan bisnis pengecoran logam komponen mengalami penurunan laba karena permintaan yang lebih rendah untuk komputasi kinerja tinggi (HPC) dari China. Dalam bisnis panel layar, layar seluler mencatat penurunan pendapatan di tengah musim yang lemah dan penjualan yang lebih rendah di China karena penghentian produksi terkait Covid-19, sementara kerugian menyempit di bisnis panel besar.

Bisnis komunikasi seluler keuntungannya meningkat dari kuartal sebelumnya dan dari tahun sebelumnya meskipun penjualan melemah menjelang akhir kuartal pertama. Peningkatan laba adalah hasil dari bauran produk yang ditingkatkan dengan peluncuran perangkat unggulan Galaxy S20 dan manajemen biaya pemasaran yang efisien.

Divisi elektronik konsumen Samsung membukukan pendapatan yang lebih rendah karena musim yang lebih lemah dan dampak dari Covid-19 memengaruhi hasil triwulanan. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, laba dari bisnis TV menurun di tengah tekanan harga dari persaingan yang semakin ketat, sementara peralatan rumah tangga menunjukkan peningkatan di balik kuatnya penjualan produk-produk premium baru.

Pada kuartal kedua, Samsung mengharapkan bisnis memori tetap solid, tetapi pendapatan keseluruhan diprediksi cenderung turun dari kuartal sebelumnya karena Covid-19 secara signifikan akan mempengaruhi permintaan untuk beberapa produk inti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement