Senin 23 Mar 2020 19:51 WIB

Kepala BKPM Tegaskan Belum akan Revisi Target Investasi

Tahun ini, BKPM targetkan realisasi investasi Rp 886 triliun.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolandha
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tetap optimistis target realisasi investasi tahun ini bisa tercapai.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Kepala BKPM Bahlil Lahadalia. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tetap optimistis target realisasi investasi tahun ini bisa tercapai.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) tetap optimistis target realisasi investasi tahun ini bisa tercapai. Meski sampai Maret, virus corona masih menyebar di berbagai negara termasuk Indonesia. 

Pada 2020, pemerintah menargetkan realisasi investasi dapat menembus Rp 886 triliun. "Sampai sekarang kita belum turunkan atau belum lakukan revisi target," tegas Kepala BKPM Bahlil Lahadalia kepada wartawan di Jakarta, Senin, (23/3).

Baca Juga

Ia menjelaskan, BKPM membuat tiga simulasi target investasi yakni optimistis, moderat, serta pesimistis. "Tiga skenario itu sudah BKPM laporkan ke Presiden (Joko Widodo)," ujarnya. 

Tiga simulasi tersebut, kata dia, nantinya bakal diumumkan. "Kalau sekarang melihat grafik, pertumbuhan investasi pada kuartal I dibandingkan periode sama 2019, kita optimistis," tegas Bahlil. 

Baginya, BKPM harus optimistis sebab berhubungan dengan pengusaha. "Kalau kita nggak optimistis bagaimana? BKPM punya strategi untuk kolaborasi dengan pelaku usaha," kata dia. 

Bahlil yakin, ada harapan di tengah kesulitan. Salah satu harapannya yakni mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sebab belajar dari sejarah, pada krisis 1998, pelaku UMKM yang dapat mempertahankan perekonomian di Tanah Air. 

"BKPM akan cover itu. Corona nggak boleh hambat kinerja BKPM," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement