Senin 16 Mar 2020 07:23 WIB

Adaro Kaji Rencana Buyback Saham

Tahun ini, Adaro Energy akan memproduksi batu bara berkisar 54-58 juta ton batu bara.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Aktivitas bongkar muat batubara di area pertambangan PT Adaro Indonesia di Tabalong, Kalimantan Selatan, Selasa (17/10). (Antara/Prasetyo Utomo)
Foto: Antara/Prasetyo Utomo
Aktivitas bongkar muat batubara di area pertambangan PT Adaro Indonesia di Tabalong, Kalimantan Selatan, Selasa (17/10). (Antara/Prasetyo Utomo)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Adaro Energy, Tbk tengah mengkaji opsi pembelian kembali saham atau buyback ditengah kondisi pasar modal yang sedang tak baik saat ini karena imbas wabah corona. Head of Corporate Communication Division Adaro Energy Febriati Nadira menjelaskan saat ini perusahaan masih mengkaji opsi ini.

Meski Febriati belum bisa mengelaborasi lebih jauh terkait rencana buyback saham ini. "Saat ini Perseroan akan melakukan kajian terhadap pelaksanaan share buyback tersebut," ujar Febriati kepada Republika.co.id, Ahad (15/3).

Baca Juga

Febriati menjelaskan bagi Adaro sendiri rencana pembelian saham ini merupakan langkah strategis yang memang perlu diperhitungkan secara cermat. Sebab, katanya posisi para pemegang saham merupakan stakeholder terpenting bagi perusahaan.

"Bagi Adaro, pemegang saham merupakan stakeholder yang sangat penting maka Adaro selalu berupaya memberikan return yang baik bagi para pemegang saham," ujar Febriati.

Tahun ini, Adaro Energy akan memproduksi batu bara berkisar 54 juta ton hingga 58 juta ton batu bara. Presiden Direktur Adaro Energy, Garibaldi Thohir menjelaskan perusahaan akan menjaga produksi perusahaan untuk menjaga keberlangsungan tambang juga untuk memenuhi permintaan pasar.

Pada tahun ini, perusahaan juga menargetkan EBITDA operasional mencapai 1,2 miliar dolar AS. Namun, untuk bisa menopang produksi perusahaan akan menggelontorkan belanja modal sebesar 300 juta dolar AS sampai 400 juta dolar AS pada tahun ini.

"Tahun ini perusahaan menjaga produksi dan juga mentargetkan EBITDA operasional tetap positif," ujar Garibaldi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement