Ahad 08 Mar 2020 11:28 WIB

Ethiopia Rilis Laporan Sementara Boeing 737 MAX

Ethiopia menyebut kecelakaan 737 max disebabkan oleh desain pesawat.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Friska Yolandha
Ethiopia merilis sebuah laporan sementara penyelidik kecelakaan yang terjadi pada Maret 2019, Jumat (6/3). Hasil tersebut menyimpulkan kecelakaan Boeing 737 MAX terjadi disebabkan oleh desain pesawat.
Foto: AP
Ethiopia merilis sebuah laporan sementara penyelidik kecelakaan yang terjadi pada Maret 2019, Jumat (6/3). Hasil tersebut menyimpulkan kecelakaan Boeing 737 MAX terjadi disebabkan oleh desain pesawat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Ethiopia merilis sebuah laporan sementara penyelidik kecelakaan yang terjadi pada Maret 2019, Jumat (6/3). Hasil tersebut menyimpulkan kecelakaan Boeing 737 MAX terjadi disebabkan oleh desain pesawat.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat( NTSB) telah diberi kesempatan untuk mengajukan fokus atau mengusulkan perubahan. Juru bicara NTSB Eric Weiss mengonfirmasi  telah menerima rancangan laporan sementara, tetapi menolak berkomentar dalam mempertimbangkan saran.  

Menurut laporan Bloomberg News yang pertama kali melaporkan isi draf sementara itu, kesimpulan yang diberikan tidak menyinggung sedikit pun tentang kinerja Ethiopian Airlines atau awak pesawatnya. Sebelumnya masalah ini telah menimbulkan kekhawatiran dengan beberapa peserta dalam penyelidikan.

Laporan sementara Ethiopia kontras dengan laporan akhir Lion Air yang dirilis Oktober lalu oleh Indonesia. Pemerintah Indonesia menyalahkan desain perangkat lunak kokpit Boeing pada 737 MAX, tetapi juga mengutip kesalahan oleh pekerja dan kru maskapai.

Penerbangan Ethiopian Airlines 302 jatuh di lapangan terbuka enam menit setelah lepas landas dari Addis Ababa, ibukota Ethiopia. Peristiwa ini menewaskan 157 penumpang dan awak.

Di bawah aturan yang diawasi oleh badan penerbangan PBB yang berbasis di Montreal, ICAO, Ethiopia harus menerbitkan laporan akhir pada ulang peringatan pertama kecelakaan 10 Maret. Namun, negara itu memilih merilis laporan sementara dengan unsur-unsur penentuan, kesimpulan, dan rekomendasi, yang biasanya tidak dibuat sampai laporan akhir dikeluarkan.

Sebuah laporan awal kecelakaan oleh Otoritas Penerbangan Sipil Ethiopia dirilis pada April tahun lalu mengatakan pembacaan sensor yang salah. Beberapa perintah otomatis untuk menekan bagian depan pesawat Boeing berkontribusi pada kecelakaan fatal dan membuat para kru sulit mendapatkan kembali kendali.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement