Jumat 24 Jan 2020 14:43 WIB

Bank Mandiri Terbitkan Global Bond Semester II 2020

Bank Mandiri belum menunjuk perusahaan penjamin emisi untuk global bond.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolanda
Bank Mandiri
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Bank Mandiri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Mandiri berencana menerbitkan instrumen obligasi dalam denominasi dolar AS atau global bond pada tahun ini. Instrumen tersebut senilai 1,25 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 17,5 triliun.

"Hampir pasti (diterbitkan) semester II, tapi kalau bisa kita kejar di kuartal II," ujar Direktur Utama Bank Mandiri, Royke Tumilaar di Jakarta, Jumat (24/1).

Baca Juga

Menurut Royke, penerbitan global bond ini akan dilakukan secara bertahap pada tahun ini. Royke menilai penerbitan global bond tahun ini tidaklah sulit lantaran aksi korporasi tersebut sudah pernah dilakukan sebelumnya. 

Untuk keperluan itu, Royke mengakui, Bank Mandiri belum menunjuk perusahaan mana yang akan menjadi underwriter atau penjamin emisi obligasi. Meski demikian, Royke cukup yakin Mandiri Sekuritas akan menyanggupi apabila ditunjuk underwriter. 

"Belum, itu gampanglah, Mandiri sekuritas juga leader di global bond," tutur Royke. 

Selain global bond, Bank Mandiri juga berencana mencari pendanaan lain melalui penerbitan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB). Rencana itu akan direalisasikan di tahun 2020-2022.

Direktur Treasury dan International Banking Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengatakan perusahaan aka  menerbitkan PUB tahap II sebesar Rp20 triliun. "Akan kita mulai di semester I 2020 lebih kurang Rp3-5 triliun," tutup Darmawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement