Kamis 12 Dec 2019 22:10 WIB

FIF Group Luncurkan Fiona untuk Layani Konsumen

FIF Group memiliki 4,8 juta konsumen aktif dan terus bertambah setiap tahunnya.

Rep: Mansyur Faqih/ Red: Satria K Yudha
Layanan Fiona FIF Group
Foto: Dok FIF Group
Layanan Fiona FIF Group

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Era digital menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan, khususnya terkait dengan pelayanan konsumen. Hal ini yang menjadi perhatian PT Federal International Finance (FIF Group), anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang pembiayaan. Untuk melayani konsumennya, FIF Group meresmikan Fiona (Fifgroup Intelligence Personal Assistant).

 

"Fiona merupakan kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk membuat simulasi percakapan yang dapat menjawab pertanyaan dari satu atau lebih konsumen. Fiona ini digunakan sebagai layanan digital untuk memberikan informasi dari pertanyaan maupun bagi konsumen yang menyampaikan keluhan," kata Chief Corporate Communication dan CSR FIF Group Yulian Warman, di Jakarta, Kamis (12/12).

 

Saat ini, kata dia, FIF Group memiliki 4,8 juta konsumen aktif dan terus bertambah setiap tahunnya. Memang, sebagian besar konsumen itu masih dilayani oleh kantor-kantor cabang. Sebagian konsumen lain berhasil ditangani oleh call center Halo FIF di nomor 1500-343.

 

Yulian menjelaskan, dengan adanya Fiona, maka saluran layanan konsumen perusahaan pun menjadi bertambah. "Fiona bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan 24 jam kepada konsumen yang membutuhkan informasi seputar layanan servis. Mulai dari informasi kontrak, pengambilan BPKB, dan perpanjangan STNK," kata dia.

 

Fiona, ujar Yulian, dengan diakses melalui Whatsapp di nomor 08952-1500-343. Layanan ini juga dapat diakses melalui laman resmi FIF Group dan dan aplikasi Fifgroup Mobile Customer (FMC).

 

"Bagi FIF Group, potensi berkembangnya channel digital akan dapat memberikan peluang baru dalam hal peningkatan layanan kepada konsumen. Seperti akses kemudahan bagi konsumen di manapun serta informasi yang cepat melalui ponsel. Sehingga konsumen dapat mengakses semua kebutuhan informasi dalam genggaman," papar dia.

 

Dia pun berharap adanya Fiona dapat meningkatkan kepuasan pelanggan untuk akses layanan. Termasuk juga meningkatkan efektivitas penanganan contact center untuk mengurangi jumlah antrean telepon dan jumlah panggilan masuk yang tidak terlayani pada saluran contact center perusahaan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement