Jumat 06 Dec 2019 16:20 WIB

Pengunjung Halal Expo Indonesia Belajar Sedekah Sampah

Sedekah sampah bisa mengurangi sampah sekaligus mempraktikkan bersedekah.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Sedekah
Foto: Pixabay
Ilustrasi Sedekah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Salah satu yang menarik dalam rangkaian pembukaan Halal Expo Indonesia 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang pada Jumat (6/12) adalah keberadaan para volunteer sedekah sampah. Para volunteer memberikan edukasi kepada para pengunjung HEI tentang mengurangi sampah dan peduli lingkungan. 

Sedekah sampah  merupakan program HEIact yang menjadi konten unggulan dalam HEI 2019. Diharapkan melalui program tersebut pengunjung HEI 2019 bisa berperan aktif dalam mengurangi sampah sekaligus mempraktikkan bersedekah. 

Baca Juga

Salah satu volunteer sedekah sampah dalam program HEIact, Nabila menjelaskan para volunteer bertugas memberikan edukasi kepada pengunjung yang hendak membuang sampah. Ada tiga kantong sampah yang disediakan, yakni kantong sampah organik, kantong sampah plastik dan kantong sampah residu. 

"Seperti sampah plastik yang merupakan penyumbang terbesar sampah untuk Indonesia, kita perlahan jelaskan. Harapannya pengunjung bisa lebih paham memilah sampah dan peduli terhadap lingkungan," kata Nabila.

Sampah yang terkumpul nantinya akan didaur ulang menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi. Hasilnya keuntungannya nantinya akan diberikan pada keluarga tidak mampu. 

Mengusung tema Halal ia Everything, HEI berlangsung mulai Jumat (6/12) sampai Ahad (8/12). Acara ini diisi dengan berbagai pameran produk halal mulai dari makanan, fashion, kosmetik, farmasi, property, pendidikan, hingga travel umroh dan haji. Selain itu, di HEI 2019 pengunjung juga bisa menyimak berbagai tema kajian Islam dari para penceramah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement