Selasa 03 Dec 2019 18:27 WIB

DD dan CIMB Syariah Bekerja Sama untuk Himpun Dana Humanesia

DD dan CIMB Syariah menyediakan layanan pembayaran melalui digital.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Gita Amanda
Konferensi Pers Dompet Dhuafa Program Utama Humanesia, #BeraniBerbagi, di Resto Bakso boedjangan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (3/12).
Foto: Republika/Ratna Ajeng Tejomukti
Konferensi Pers Dompet Dhuafa Program Utama Humanesia, #BeraniBerbagi, di Resto Bakso boedjangan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (3/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dompet Dhuafa bekerja sama dengan CIMB Syariah menghimpun dana Zakat, Infak, Sedekah dan Wakaf (Ziswaf) melalui transaksi digital. Ini dilakukan dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin berdonasi untuk kemanusiaan.

"Kami menyediakan layanan pembayaran melalui digital," jelas Assistant Vice President Philantrophy & Islamic Community Specialist Syariah Banking CIMB Syariah Maryana Yunus di Resto Bakso Boedjangan, Selasa (3/12).

Baca Juga

Saat ini dengan layanan digital melalui kode respons cepat memudahkan masyarakat dalam berdonasi. Layanan ini juga cocok untuk generasi milineal saat ini.

Menurut Maryana, kesadaran sosial dalam berempati kaum muda saat ini mulai meningkat. CIMB Syariah dengan alat penghimpun dana dan Dompet Dhuafa yang merancang program akan menjadikan kolaborasi ini lebih baik. Dengan layanan digital ini CIMB Syariah dapat menghimpun dana kemanusiaan hingga Rp 300 juta setiap program.

"Kami juga saat ini berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa untuk program Humanesia agar distribusi donasi dapat terarah,"jelas dia.

Maryana menjelaskan meski tahun ini tidak ada bencana besar yang melanda Indonesia, penghimpunan dana seharusnya terus berlanjut. Karena penyintas tidak hanya membutuhkan bantuan logistik tetapi juga pendampingan pasca bencana.

Program donasi juga dibuat variatif karena nasabah lebih tertarik dengan paket donasi seperti menabung berhadiah rumah pengungsi. Artinya nasabah saat ini tidak lagi tertarik dengan hadiah barang mewah tetapi dengan hal yang berhubungan dengan akhirat.

"Bisa saja program tersebut dikemas dengan tabungan wakaf Rp 2,5 juta dapat ikut membantu satu meter persegi rumah penyintas atau dengan Rp 100 ribu dapat membantu satu keramik,"jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement