Senin 02 Dec 2019 10:37 WIB

Catat, Ini Relasi Baru Perjalanan Kereta Api

Sejumlah relasi kereta api mengalami perpanjangan rute.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda
Kereta Api (KA) Argo Wilis relasi Surabaya-Bandung melintas di Stasiun KA Madiun, Jawa Timur, Senin (9/4).
Foto: ANTARA FOTO/Siswowidodo
Kereta Api (KA) Argo Wilis relasi Surabaya-Bandung melintas di Stasiun KA Madiun, Jawa Timur, Senin (9/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) saat ini sudah menerapkan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2019 sejak 1 Desember. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan ada beberapa relasi baru yang akan diberangkatkan dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir dengan diberlakukannya Gapeka 2019. 

"Selain Dharmawangsa, ada enam relasi perjalanan KA yang baru, salah satunya yang dilepas ini KA Dharmawangsa dari Pasar Senen menuju Surabaya Pasar Turi," kata Edi di Stasiun Pasar Senen, Senin (2/12). 

Baca Juga

Sementara itu, Executive Vice President KAI Daop 1 Jakarta Dadan Rudiansyah menjelaskan enam relasi baru terdiri dari tiga perjalanan dari Stasiun Lasar Senen dan sisanya dari Stasiun Gambir. Untuk Stasiun Pasar Senen yaitu KA Anjasmoro dengan perjalanan Pasar Senen-Yogyakarta-Jombang (pergi pulang) dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 05.25 WIB.

Selanjutnya KA Fajar Utama Solo relasi Pasar Senen-Solo (pergi pulang) dengan keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 05.50 WIB. "Untuk KA Fajar Utama Solo sendiri merupakan perubahan nama dari Senja Utama solo lantaran perubahan waktu keberangkatan yang sebelumnya malam hari menjadi berangkat di pagi hari," jelas Dadan.

photo
Sejumlah pemudik turun dari kereta api Bogowonto Lempuyangan-Pasar Senen di Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Jumat (7/6).

Terakhir, relasi baru dari Stasiun Pasar Senen yaitu perpanjangan rute dari KA Malabar yang sebelumnya hanya melayani dari Malang-Bandung (pergi pulang). Dengan perpanjangan relasi maka KA Malabar dapat melayani perjalann Malang-Bandung-Pasar Senen (pergi pulang) dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 16.10 WIB. 

Selanjutnya dari Stasiun Gambir relasi baru akan dilayani KA Argo Wilis sebelumnya Surabaya Gubeng-Bandung (pergi pulang). "KA Argo Willis ini  mengalami perpanjangan relasi menjadi Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 05.00 WIB," ungkap Dadan. 

KA Mutiara Selatan juga mengalami perpanjangan perjalanan yang sebelumnya hanya melayan Malang-Surabaya Gubeng-Bandung (pergi pulang). Sejak 1 Desember 2019, KA Mutiara Selatan melayani relasi Malang-Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir (pergi pulang) dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 17.10 WIB.

Relasi baru terakhir di Stasiun Gambir yakni dilayani oleh KA Turangga yang sebelumnya hanya beroperasi dengan rute Surabaya Gubeng-Bandung (pergi pulang). Saat kni KA tersebut mengalami perpanjangan relasi menjadi Surabaya-Bandung-Gambir (pergi pulang) dengan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 14.00 WIB. 

photo
Sejumlah penumpang tiba Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Ahad ( 9/6).

Berikut daftarnya

1. KA Anjasmoro

Pasar Senen-Yogyakarta-Jombang (pergi pulang) 

Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 05.25 WIB

 

2. KA Fajar Utama Solo 

Pasar Senen-Solo (pergi pulang) 

Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 05.50 WIB

 

3. KA Malabar

Malang-Bandung-Pasar Senen (pergi pulang) 

Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 16.10 WIB

 

4. KA Dharmawangsa

Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi (pergi pulang) 

Keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 08.25 WIB

 

5. KA Argo Wilis

Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir 

Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 05.00 WIB

 

6. KA Mutiara Selatan

Malang-Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir (pergi pulang) 

Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 17.10 WIB

 

7. KA Turangga

Surabaya-Bandung-Gambir (pergi pulang) 

Keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 14.00 WIB

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement