Rabu 27 Nov 2019 09:36 WIB

Perdana Melantai di Bursa Hong Kong, Saham Alibaba Melonjak

Alibaba menawarkan 500 juta lembar saham baru di Bursa Hong Kong.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Alibaba
Foto: EPA
Alibaba

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Saham raksasa ritel daring China, Alibaba melonjak hampir tujuh persen pada debutnya di Bursa Hong Kong pada Selasa (26/11). Hal ini menjadi awal yang baik di tengah kerusuhan politik di dunia.

Dilansir AP, saham Alibaba pada perdagangan di Bursa Hong Kong ditutup ke level 187,60 dolar Hong Kong atau 23,96 dolar AS. Angka ini meningkat dibandingkan harga penawaran perdana 176 dolar Hong Kong.

Baca Juga

Perusahaan milik taipan Jack Ma juga baru saja melakukan penawaran saham perdana (IPO) keduanya. Hasil IPO, Alibaba berhasil meraup 11,3 miliar dolar AS.

Sebelumnya pada 2014, perusahaan sudah mencatatkan saham perdananya di Bursa Saham New York dengan mencetak rekor perdagangan 25 miliar dolar AS.

Kemudian Alibaba kembali menawarkan 500 juta saham baru di Bursa Hong Kong. Penawaran ini ditargetkan bisa meraup dana lebih dari 11 miliar dolar AS, dan menjadi IPO terbesar di Hong Kong sejak 2010.

Direktur eksekutif dan kepala eksekutif Bursa Efek Hong Kong Charles Li mengapresiasi perusahaan yang telah melakukan listing. “Saya sangat bersyukur bahwa Alibaba, setelah lima tahun melakukan perjalanan jauh, akhirnya pulang. Saya juga bersyukur bahwa mereka memilih untuk datang meskipun ada kesulitan, terlepas dari tantangan yang kita alami di Hong Kong,” kata Li.

Harga penutupan Senin untuk saham Alibaba yang diperdagangkan di New York adalah 190,45 dolar AS per saham. Setiap saham AS adalah setara dengan delapan saham Hong Kong, yang akan menetapkan harga dalam istilah Hong Kong pada 186,30 dolar Hong Kong per saham.

"Daftar terbesar tahun ini datang pada waktu yang mengkhawatirkan untuk Hong Kong tetapi semuanya tampaknya berjalan sangat lancar," kata Craig Erlam dari OANDA dalam komentarnya.

"Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan bahwa meskipun ada protes yang membuat Hong Kong macet dan mendatangkan malapetaka pada ekonomi, itu adalah bisnis seperti biasa untuk bursa saham," katanya.

Pendiri Alibaba yang berusia 55 tahun Jack Ma seorang pengusaha terkaya di China dengan kekayaan bersih 39 miliar dolar AS. Kode berbagi perusahaan 9988 adalah homonim dalam bahasa China untuk kemakmuran abadi.

Adapun hasil dari penjualan saham akan digunakan untuk mempromosikan strategi untuk memperluas penggunanya, membantu bisnis dengan transformasi digital dan terus berinovasi dan berinvestasi untuk jangka panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement