Selasa 26 Nov 2019 19:27 WIB

13 Bank Terapkan Sustainable Finance

5 bank bergabung dalam program sustainable finance.

Rep: Novita Intan/ Red: Dwi Murdaningsih
Kredit bank (ilustrasi)
Foto: Tim Infografis Republika
Kredit bank (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Lima bank telah bergabung dalam program Inisiatif Keuangan Berkelanjutan Indonesia (IKNB). Kelima bank tersebut antara lain Bank Mandiri Syariah, Bank CIMB Niaga, Bank OCBC NISP, Maybank dan Bank HSBC Indonesia. 

Bergabungnya, Bank Mandiri Syariah, CIMB Niaga, OCBC NISP, Maybank dan HSBC Indonesia membuat anggota IKBI bertambah, dari sebelumnya hanya delapan, kini menjadi 13 anggota IKBI

Baca Juga

Salah satu perwakilan Kepala Divisi Transaction Banking PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kristina Lestari Ningsih mengatakan delapan penggerak IKBI pertama kali yakni BRI, BNI, BCA, Bank BJB, Artha Graha, Bank Muamalat dan BRI Syariah.

“Diharapkan penambahan anggota bisa memperkuat IKBI ke depan. Harapannya juga bisa menjadi pioneer sektor keuangan dan mendorong para nasabah untuk ikut melakukan praktik berkelanjutan,” ujarnya saat acara IKBI Perhelatan New Members of IKBI di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (26/11).

IKBI hadir di Indonesia karena adanya prinsip keuangan berkelanjutan yang digagas oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lewat Peraturan OJK (POJK) nomor 51 tahun 2017 tentang Rencana Aksi Keuangan Berkelanjutan (KB) dan POJK nomor 60 tahun 2017 tentang Penerbitan dan Persyaratan Efek Bersifat Utang Berwawasan Lingkungan.

 Direktur Finance and Administration World Wide Fund for Nature (WWF) Aria Nagasaatra menambahkan kawasan Asia Tenggara rentan terhadap dampak fisik dari perubahan iklim seperti gelombang panas berkepanjangan, badai tropika dan sebagainya. Perubahan iklim itu diproyeksikan dapat menyebabkan GDP turun hingga 11 persen di ASEAN pada 2100. 

“Khusus untuk Indonesia, ancaman hilangnya keanekaragaman hayati juga menjadi genting, sebab akan mengakibatkan kurangnya modal alam pada risiko pembangunan ekonomi dan sosial yang sangat signifikan,” ujarnya.

Dalam country progress report AFC (Alliance Finance Company) sustainable 2018, Indonesia termasuk leading keuangan berkelanjutan bersama China dalam regulasi dan partisipasi industri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement