Selasa 26 Nov 2019 07:22 WIB

GoFood Pimpin Layanan Pesan Antar Makanan di Asia Tenggara

Saat ini festival Promo MaMiMuMeMo 2, pelanggan GoFood bisa menikmati berbagai promo.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Layanan GoFood (ilustrasi)
Foto: Tangkapan layar
Layanan GoFood (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kepercayaan konsumen terhadap layanan GoFood menjadi hal yang patut dibanggakan, terutama oleh Gojek tentu saja. VP Regional Gojek Jawa Barat dan Banten, Becquini Akbar mengungkapkan, GoFood kini mampu menjadi pemimpin pasar di layanan pesan-antar makanan di Indonesia dan Asia Tenggara.

Kepercayaan ini, kata dia, terbukti dari hasil riset Nielsen Singapura berjudul “Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market”. Riset tersebut mengungkapkan 84 persen masyarakat yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan menganggap GoFood menawarkan layanan pesan-antar makanan terbaik di Indonesia. "Ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata industri yang hanya menunjukkan angka 39 persen," kata Becquini di Kota Bandung, Senin (25/11).

Baca Juga

Sebagai bentuk apresiasi atas loyalitas konsumen serta layanan prima dari mitra merchant dan driver, GoFood kemudian menghadirkan Festival Promo Makan Minum Murah Menang Mobil-Motor-Mobile Phone (MaMiMuMeMo) 2. MaMiMuMeMo 2 ini sejalan dengan strategi bisnis GoFood jangka panjang.

“Ke depannya, GoFood akan fokus mengembangkan tiga hal sebagai strategi bisnis jangka panjang. Yakni mengutamakan kepuasan pelanggan, ekspansi bisnis, dan bisnis yang berkelanjutan melalui melalui beragam inovasi,” papar Becquini.

Lebih lanjut, Becquini menjelaskan bahwa melalui Festival Promo MaMiMuMeMo 2, pelanggan GoFood bisa menikmati berbagai promo menarik dan berkesempatan memenangkan hadiah utama yang lebih banyak. Berbeda dengan Festival Promo MaMiMuMeMo tahun lalu, kali ini total hadiah mencapai lebih dari Rp 1 miliar dengan kesempatan yang lebih luas baik bagi para konsumen, mitra merchant maupun driver.

Lewat periode promo yang lebih panjang, kata dia, konsumen bisa mengumpulkan kesempatan sebanyak-banyaknya dengan mengorder GoFood sebelum diundi pada akhir periode program. Sama seperti tahun sebelumnya, untuk mendapatkan kesempatan memenangkan berbagai hadiah spesial cukup dengan melakukan pembelian melalui layanan GoFood pada aplikasi Gojek.

Lewat Festival Promo MaMiMuMeMo 2, kata dia, GoFood juga terus berupaya untuk mendukung para pelaku kuliner Tanah Air dalam meningkatkan skala bisnis dan memperluas akses pasar. Kini para mitra merchant GoFood pun dipermudah untuk ikut serta dalam Festival Promo MaMiMuMeMo 2. Caranya, dengan mengklik banner ‘rekomendasi promo’ dan memilih menu yang akan diikutsertakan dalam promo lewat aplikasi GoBiz.

“Animo masyarakat yang luar biasa terhadap Festival Promo MaMiMuMeMo tahun lalu berhasil meningkatkan rata-rata pendapatan mitra merchant hingga 2,5 kali lipat," katanya.

Dampak positif tersebut, kata dia, membawa gelombang baru merchant yang ikut serta pada Festival Promo MaMiMuMeMo tahun ini. Tidak hanya itu, partisipasi merchant tahun ini meningkat sebesar empat kali lipat menjadi 20 ribu merchant. "Dibandingkan tahun lalu, memberikan pilihan ragam kuliner dengan promo yang lebih banyak bagi konsumen,” kata Becquini.

Hingga saat ini, kata dia, di Bandung sendiri sudah ada lebih dari 2.700 outlet kuliner yang ikut serta dalam program MaMiMuMeMo 2019. Angka ini hampir 8 kali lipat lebih banyak dibandingkan keikutsertaan outlet Bandung di tahun lalu. Dan masih terus bertambah seiring dengan berjalannya promo.

"Baru tiga hari diluncurkan sejak 8 November 2019, promo Happy Hour ini terbukti membantu transaksi merchant di Bandung secara rata-rata meningkat lebih dari tiga kali lipat,” kata Becquini.

Menurutnya, inovasi teknologi serta program dan inisiatif yang ditawarkan melalui GoFood dapat memotivasi industri kuliner Indonesia untuk berkontribusi lebih banyak lagi terhadap perekonomian nasional. Saat ini kontribusi nyata yang diberikan mitra Gojek kepada perekonomian Kota Bandung mencapai Rp 2,1 triliun. "Sementara itu, setelah bergabung menjadi merchant GoFood, mitra UMKM Bandung mengalami 76 peningkatan rata-rata omzet,” kata Becquini. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement