Ahad 24 Nov 2019 07:03 WIB

Pabrik Cerutu Bin Cigar di Jember Diresmikan

Ketua DPD meresmikan pabrik cerutu Bin Cigar di Jember.

Cerutu (ilustrasi)
Foto: Antara/Seno S
Cerutu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI La Nyalla Mahmud Mattalitti meresmikan pabrik cerutu Bin Cigar di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu. Ia pun mengingatkan agaar pemerintah provinsi dan kabupaten/kota untuk terus mewujudkan iklim usaha yang kondusif.

Menurut La Nyalla, hal tersebut penting untuk menggerakkan perekonomian di tengah tren pelambatan ekonomi dunia. Ia mengatakan, sudah bukan zamannya daerah itu antipengusaha, memperlambat urusan bisnis.

Baca Juga

"Dunia usaha itu penggerak ekonomi, jangan sampai dibuat susah," katanya di Kabupaten Jember.

La Nyalla mengapresiasi kiprah para pengusaha daerah, seperti pemilik perusahaan cerutu Bin Cigar. Ia menilai, pabrik tersebut telah menggerakkan ekonomi lokal.

“Saya bangga dapat hadir di pabrik cerutu, bukan karena saya meresmikan, tetapi menjadi saksi adanya upaya serius dari anak bangsa untuk membangun ekonomi bangsanya untuk terlibat memberi kontribusi di sektor ekonomi bagi negeri ini," katanya.

Menurut La Nyalla, Jember dan Indonesia wajib bangga karena produk cerutu Bin Cigar telah menembus pasar mancanegara. Ia mengatakan, kerja keras Bin Cigar patut diapresiasi karena ikut memperkuat neraca perdagangan.

"Bin Cigar menjadi salah satu penyumbang devisa ekspor di sektor non migas," ujarnya.

La Nyalla berharap banyak lahir pengusaha-pengusaha baru yang menggerakkan ekonomi lokal. Apalagi, saat ini Indonesia masih kekurangan pengusaha dan jumlahnya masih di bawah dua persen dari total populasi.

"Bandingkan dengan Singapura yang sudah 7 persen, Malaysia 5 persen, Jepang 10 persen. Maka ayo terus berbenah diri membikin iklim berbisnis makin mudah dan kondusif," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement