Jumat 22 Nov 2019 15:11 WIB

Jadi Restoran Terbesar Ke-3, Pendiri Wendy's Justru Menyesal

Filosofi nama restoran Wendy’s ternyata berasal dari nama putri sang pendiri

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Jadi Restoran Fast Food Terbesar Ketiga, Pendiri Wendy's Justru Menyesal, Kenapa?. (FOTO: Istimewa)
Jadi Restoran Fast Food Terbesar Ketiga, Pendiri Wendy's Justru Menyesal, Kenapa?. (FOTO: Istimewa)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Filosofi nama restoran cepat saji Wendy’s ternyata berasal dari nama putri sang pendiri Dave Thomas, yakni Wendy Thomas. Wendy’s merupakan restoran cepat saji skala internasional yang mengandalkan menu burger dan ayam goreng tepung renyahnya.

Wendy’s pertama kali berdiri pada tahun 1969 di Columbus, Ohio, Amerika Serikat. Restoran ini ramai peminat, pendapatannya pun terus melonjak setiap tahunnya.

Sukses dengan gerai pertamanya, Thomas lanjut membuka gerai kedua. Restoran kedua ini masih berlokasi di Columbus dengan fasilitas drive thru.

Pada tahun 1976, restoran milik Thomas sudah membuka lebih dari 500 restoran waralaba. Dua tahun kemudian, restorannya semakin menjamur dengan total cabang 1.000 restoran.

 

Baca Juga: Segini Pendapatan McDonald's, Starbucks, dan KFC, Siapa Paling Besar?

Menginjak tahun 2001, Wendy's terus berkembang dan sudah memiliki 6.000 restoran di seluruh dunia. pada tahun 2002, Thomas menghembuskan napas terakhirnya. Bisnisnya pun diambil alih oleh Wendy.

Sebelum meninggal dunia, Wendy bercerita bahwa ayahnya pernah merasa menyesal telah memberikan nama restorannya dengan nama putrinya itu.

“Sebelum ayahku meninggal, kami sempat berbincang percakapan tentang dia menamai restoran Wendy's. Itu adalah pertama kalinya kami melakukan percakapan ini," kata Wendy.

Ia pun lanjut bercerita, "dia berkata minta maaf karena sudah memberi nama restoran dengan nama aku. Ia menganggap ini akan jadi beban besar untuk aku."

Wendy justru mengaku ini bukan beban bagi dirinya. Ia merasa mendapat warisan tanggung jawab untuk menjaga restorannya tetap punya nama baik dan dipercaya masyarakat. Ia juga harus bekerja ekstra keras demi merawat warisan sang ayah yang juga menggunakan nama dirinya.

Baca Juga: Daftar Restoran Fast Food "Termahal" di Dunia, KFC Bukan No 1!

Selepas kepergian sang ayah, Wendy’s tercatat sudah memiliki 6.711 outlet yang berdiri per 31 Desember 2018. Total 92 persen restorannya berlokasi di Amerika Utara. Sisanya tersebar di berbagai negara termasuk salah satunya di Indonesia.

Wendy’s juga menorehkan prestasi dengan menjadi restoran fast food terbesar ketiga di dunia. lantaran, memiliki manajemen yang baik.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement